Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap dengan Artinya

Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap dengan Artinya

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 17:30 WIB
Doa masuk kamar mandi. Foto: Ilustrasi  Denny Putra/detikcom
Doa masuk kamar mandi. Foto: Ilustrasi Denny Putra/detikcom
Jakarta - Saat masuk dan keluar kamar mandi ada doanya. Tak hanya doa, ada juga adab yang perlu kamu ketahui saat masuk kamar mandi. Ini doa masuk kamar mandi.

Dikutip dalam islam.nu.or.id, Rasulullah SAW pernah berpesan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat buang air yaitu:


1. Tidak buang air sembarangan, khususnya di tempat berteduh, tempat berkumpul manusia, di bawah pohon yang sedang berbuah, di jalanan, di lubang hewan, dan lainnya. Karena hal tersebut berpotensi merugikan manusia dan makhluk lainnya, sedangkan Islam mengajarkan untuk tidak merugikan siapa pun.

2. Haram hukumnya menghadap atau membelakangi arah kiblat apabila buang air di tempat terbuka. Adapun bila dilakukan di tempat tertutup yang disediakan khusus untuk buang air semisal toilet, maka hukumnya makruh.

3. Menggunakan tangan kiri saat bersuci (cebok)

Ketika hendak masuk ke kamar mandi untuk buang air besar dan kecil kamu perlu membaca doa. Berikut ini doa masuk kamar mandi dan artinya:

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillâhi Allâhumma innî a'ûdzu bika minal khubutsi wal khabâitsi

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina."

Sedangkan doa keluar kamar mandi adalah:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba 'anni al-adza wa 'aafaani. Allahumma ij'alni minat tawwaabiina waj'alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi

Artinya: "Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan mensehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

Selain berdoa, umat muslim juga disunnahkan untuk masuk toilet dengan mendahulukan kaki kiri serta duduk saat buang air kecil dan buang air besar.




(lus/nwy)