Heboh Isu Mata Novel yang Rusak Pindah ke Kanan, Ini Faktanya

Heboh Isu Mata Novel yang Rusak Pindah ke Kanan, Ini Faktanya

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 16:58 WIB
Novel Baswedan (Foto: Grandyos Zafna-detikcom)
Novel Baswedan (Foto: Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan mengalami teror air keras yang merusak mata kirinya. Namun, belakangan muncul foto viral yang seolah menyebut mata Novel yang rusak itu hanya softlens dan bisa dipindah ke kanan. Bagaimana faktanya?

Dikutip dari AFP Fact Check atau Periksa Fakta AFP, Selasa (19/11/2019), foto menunjukkan mata Novel yang rusak berpindah ke kanan itu beredar di media sosial. Salah satunya lewat akun Facebook bernama Relawan Projo yang diunggah pada 7 November.


Heboh Isu Mata Novel yang Rusak Pindah ke Kanan, Ini FaktanyaFoto: Screenshot status viral soal mata Novel yang dicek faktanya oleh AFP

Akun itu menuliskan status 'Seluruh Indonesia kena tipu. Manusia Kadang Kelupaan.. Itu Shoflens Kadang Dipasang Kiri, Kadang Dikanan.. Maaf Cuma Mengingatkan Aja Pak'.

Dalam unggahannya terlihat dua foto Novel yang dibandingkan. Satu foto menunjukkan mata Novel yang rusak berada di sebelah kanan sedangkan foto satunya menunjukkan mata Novel yang rusak berada di sebelah kiri.

Foto-foto itu diunggah di sejumlah akun Twitter dan Facebook lainnya. Narasi serupa juga disampaikan lewat akun-akun itu.
Selanjutnya
Halaman
1 2