PKL di Jalan Pasar Senen Masih Jualan Jelang Relokasi, Satpol PP Berjaga

Faiq Hidayat - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 16:25 WIB
Pedagang kaki lima (PKL) baju bekas di Pasar Senen. (Faiq/detikcom)
Pedagang kaki lima (PKL) baju bekas di Pasar Senen. (Faiq/detikcom)
Jakarta - Satpol PP DKI Jakarta berjaga-jaga di pinggir Jalan Pasar Senen, yang ramai pedagang kaki lima (PKL) baju bekas. Mereka memastikan pedagang PKL tidak mengganggu pengendara.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (19/11/2019), puluhan PKL masih menjajakan baju di bibir jalan. Ada beberapa pedagang yang sudah ingin tutup dengan memasukkan pakaian ke dalam karung.


Puluhan Satpol PP DKI terlihat berjaga-jaga di depan Pasar Senen Blok III. Mereka memantau lokasi tersebut.

Selama berjalan menuju Stasiun Senen, tidak terlihat spanduk pengumuman relokasi pedagang PKL tersebut. Kondisi lalu lintas terlihat ramai lancar di lokasi.



Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan para pedagang PKL yang berjualan di trotoar Pasar Senen, Jakarta Pusat, akan dipindahkan ke Pasar Kenari pada 1 Desember 2019. Pedagang dilarang lagi berjualan di trotoar sampai bahu jalan pada 1 Desember 2019.

Irwandi mengatakan keberadaan pedagang di trotoar itu bisa mengganggu proyek underpass.

"Per 1 Desember dia harus pindah kan gitu karena nanti buat perbaikan underpass Senen yang lagi dibangun. Itu nanti pergerakan mobil bahan-bahan proyek, mau dipakai (jalannya), jalannya terganggu, proyek lagi Jalan," ujar Irwandi saat dihubungi, Selasa (19/11).

Pedagang yang pindah akan digratiskan pembayaran kios selama enam bulan. Setelah itu, mereka akan normal membayar sewa kios. (fai/idn)