detikNews
2019/11/19 14:31:51 WIB

Soal Berkarya Temui PKS, Demokrat Bicara Cara Beroposisi

Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 2
Soal Berkarya Temui PKS, Demokrat Bicara Cara Beroposisi Jansen Sitindaon (Dok. Pribadi)
Jakarta - Partai Demokrat enggan menanggapi secara detail perihal pertemuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Partai Berkarya. Demokrat menyebut bisa saja punya cara berbeda dengan PKS dan Berkarya dalam beroposisi.

"Walau hari ini kami sama sama di luar (koalisi pemerintah), jalan yang ditempuh Demokrat bisa saja berbeda dengan jalan PKS dan Berkarya dalam hal menjadi oposisi yang sehat dan kritis dari luar ini," kata Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).
Jansen menjelaskan, sebagai oposisi, Demokrat berkewajiban membuat kondisi politik Indonesia stabil. Demokrat, sebut dia, menghindari adanya pemisahan yang tajam antara oposisi dengan koalisi pemerintah.

"Kewajiban kita bersama membuat negeri ini adem, guyub, dan rukun pascapemilu yang keras kemarin. Karena, di atas segalanya, kerukunan Indonesia inilah yang paling utama karena kita sama-sama tinggal di negeri ini. Kita hindari benar politik pecah-belah dan polarisasi yang tajam," jelasnya.

Demokrat pun tidak mau mencampuri pertemuan PKS dengan Berkarya. Jansen menyebut PKS dan Berkarya berhak menentukan sikap politik masing-masing.


"Biarlah itu (pertemuan PKS dan Berkarya) menjadi kemandirian masing-masing partai untuk bertemu dan menjalin komunikasi dengan siapapun juga. Termasuk apa yang dibicarakan biarlah itu jadi urusan mereka ya," sebut Jansen.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com