Polda Kepri Siapkan 5.000 Personel Amankan Pilkada Serentak

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 08:24 WIB
Foto: Zaki Alfarabi
Foto: Zaki Alfarabi
Batam - Polda Kepri telah mempersiapan pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Ada 7 Pilkada yang akan digelar di Kepri.

"Kami melaksanakan rapat di jajaran Polda Kepri dalam persiapan Pilkada serentak. Kami berharap pelaksanaan Pilkada di Kepri di tahun 2020 nantinya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan sekaligus kami juga mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," kata Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto kepada detikcom, Selasa (19/11/2019).


Menurutnya, ada 7 Pilkada serentak di Kepri. Pertama, Pilkada Gubernur Kepri, Pilwako Batam, Pilkada Bupati Kabupaten Karimun, Lingga, Bintan, Natuna dan Anambas.

"Kami akan mempersiapkan 5.130 personel yang ada. Ini akan ditambah lagi instansi lainnya seperti TNI," kata Andap.

Personel yang ada nantinya, kata Andap, bertugas pengamaman dari tahapan awal pencalonan pasangan hingga pada proses pemilihan dan pascapemilihan. Ini dilaksanakan dalam mengantisipasi berbagai pontensi gangguan Kamtibmas, termasuk persiapan pengamanan membawa logistik.


"Kami inikan secara geografis terdiri dari berbagai pulau sehingga persiapan pengamanan pengiriman logostik juga harus menjadi perhatian kami," kata Andap.

Berbagai pontensi gangguan yang ada, lanjut Andap, di antaranya mengantisipasi adanya isu soal SARA. Begitu juga mengantisipasi penyebaran kabar bohong alias hoax. "Karenanya jajaran Polda Kepri harus melaksanakan arahan Kapolri Jenderal Idham Azis. Di mana diharapkan seluruh jajaran Polri berkomitmen akan mengawal dan menyukseskan agenda nasional Pilkada serantak, termasuk Kepri," tutup Andap.




Mendagri Mau Evaluasi Pilkada Langsung, Pakar Hukum: Logikanya Lompat!:

[Gambas:Video 20detik]



(cha/aan)