detikNews
2019/11/19 05:44:52 WIB

Round-Up

Sentilan 'Panitia Hari Kiamat' dari Ustaz Das'ad

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sentilan Panitia Hari Kiamat dari Ustaz Dasad Foto: Ustaz Das'ad Latif. (dok. Pribadi)
Makassar - Video potongan ceramah Ustaz Das'ad Latif yang menyentil 'Panitia Hari Kiamat' menjadi viral di media sosial. Kalimat itu ditujukan untuk orang yang mudah memvonis sesat orang yang beda paham.

Ustaz Das'ad Latif merupakan da'i asal Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam rekaman videonya, Ustaz Das'ad mengomentari fenomena komunitas tertentu yang sering mengkafirkan orang lain dan 'men-judge' orang lain masuk neraka karena perbedaan pemahaman dalam menjalankan ibadah.

Ustaz Das'ad menyebutkan video ceramahnya yang viral direkam netizen di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, sekitar bulan Oktober lalu. Ustaz Das'ad mengakui dirinya kerap dituding sesat dan ingkar sunnah di akun medsosnya, oleh beberapa orang yang tidak sepaham dengan isi ceramahnya.

"Saya menyinggung orang yang suka memvonis orang lain sesat dan masuk neraka, hanya karena beda paham, memangnya dia panitia hari kiamat. Mereka tidak paham adab tentang perbedaan pendapat. Padahal cuma nyantri di 'Google', beda dengan santri betulan yang bertahun-tahun mondok, tidak mudah meng-kafirkan," ujar Ustaz Das'ad saat dihubungi detikcom, Senin (18/11/2019).


Ustaz Das'ad mengaku sering di-bully netizen yang tidak sepaham dengan isi ceramahnya yang tersebar di YouTube dan Instagram.

"Di kolom komentar akun medsos saya, saya dituduh bid'ah, tidak ada isi, tahunya cuma melucu, padahal inilah metode dakwah saya, pesannya saya sampaikan secara bertahap, minimal orang-orang yang dengar ceramah saya bisa memahami maknanya dulu sebelum mengamalkan perintah Allah dan rasul-Nya," ungkap Das'ad.

Dalam ceramahnya itu, Ustaz Das'ad menuturkan pesan yang ingin disampaikannya adalah kritik bagi kelompok tertentu yang sering merasa benar sendiri dan 'ogah' menerima perbedaan dalam memahami dan menjalankan ajaran Islam.

"Sering saya disebut ustaz 'stand up comedy', ustaz penghibur, tidak ada isinya. Saya berharap dari ceramah saya yang menghibur dapat dipahami jemaah, saya juga dapat pahala, ceramah yang diselingi humor beda dengan lawakan," ujar Ustaz Das'ad.



Viral! Ceramah Ustaz Das'ad soal 'Panitia Hari Kiamat':




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com