detikNews
2019/11/19 04:46:28 WIB

KJRI Bantu Makamkan Janin 7 Bulan yang Sempat Ditolak RS di Jeddah

Audrey Santoso - detikNews
Halaman 1 dari 3
KJRI Bantu Makamkan Janin 7 Bulan yang Sempat Ditolak RS di Jeddah Foto: Dok. KJRI Jeddah
Jakarta - Seorang warga negara Indonesia, HA, mengalami kesulitan memakamkan janin yang gugur dari kandungan istrinya di Distrik Salamah, Jeddah, Arab Saudi. Janin usia 7 bulan tersebut akhirnya berhasil dimakamkan berkat bantuan KJRI Jeddah.

"Tim Pelayanan dan Pelindungan Warga (Yanlin) KJRI Jeddah membantu proses pemakaman bakal bayi (janin) berusia tujuh bulan yang gugur dalam kandungan. Upaya untuk memakamkan janinnya tersebut sempat terkendala kelengkapan dokumen," kata Koordinator Yanlin KJRI Jeddah, Safaat Ghofur, dalam keterangan tertulis KJRI Jeddah, Selasa (19/11/2019).


Ghofur menjelaskan janin ditolak disemayamkan lantaran gugur dari kandungan ibu yang tidak memiliki iqamah atau izin tinggal resmi. KJRI Jeddah kemudian berupaya mengutus Staf Fungsi Konsuler KJRI Jeddah, Abdullah Mochtar, untuk mendampingi ayah si janin ke kantor polisi di Distrik Salamah.

"Untuk mengurus surat rekomendasi dari pihak kepolisian. Surat dari kepolisian tersebut diperlukan sebagai rujukan ke pihak rumah sakit untuk penyimpanan jenazah dan pelaksanaan otopsi terhadap janin yang meninggal di kandungan untuk memastikan penyebab kematiannya," jelas Ghofur.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com