detikNews
2019/11/18 18:24:19 WIB

WN Bulgaria Pemasang Alat Skimming di Ubud Diadili

Aditya Mardiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
WN Bulgaria Pemasang Alat Skimming di Ubud Diadili WN Bulgaria Stoyanov Georgi Ivanov. (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Bali - Stoyanov Georgi Ivanov (43) diadili karena kamera tersembunyi dan alat skimming di ATM di kawasan Ubud, Bali. Warga negara (WN) Bulgaria itu terciduk beberapa kali memasang sesuatu alat dari kamera CCTV ATM.

"Bahwa ia terdakwa Stoyanov Georgi Ivanov pada Jumat (2/8) sampai dengan Sabtu (31/8) bertempat di mesin ATM BNI yang berlokasi di restoran Bebek Bengil dengan alamat Jl Hanoman, Ubud, Gianyar, dan pada mesin ATM BNI Child Clothes & Toys Toy yang beralamat di Jl Monkey Forest, Ubud, Gianyar dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan atau sistem elektronik milik orang lain dengan cara apapun," kata jaksa penuntut umum Eddy Arta Wijaya saat membacakan surat dakwaan di PN Denpasar, Jl PB Sudirman, Denpasar, Bali, Senin (18/11/2019).



Kasus itu terungkap dari laporan tim patroli BNI pada Rabu (28/8) yang menemukan alat yang diduga alat skimming di dua lokasi ATM di kawasan Ubud, Gianyar. Dari lokasi tersebut ditemukan dua lis kaca yang terbuat dari besi stainles dan terdapat rangkaian baterai yang terhubung dengan kamera tersembunyi yang terpasang pada kaca.

"Setelah dilakukan analisa terhadap data rekaman tersebut diperoleh hasil bahwa terlihat pada rekaman CCTV pada 2 Agustus pukul 03.45 Wita kelihatan pelaku seorang pria berkewarganegaraan asing dengan menggunakan jaket warna biru donker masuk ke bilik ATM BNI yang berlokasi di Restoran Bebek Bengil sedang memasang memory card dan mengeluarkan dan memasang alat atau benda berwarna hitam yang berisi rangkaian kabel pada lampu mesin ATM dan tidak lama datang teman pelaku ikut membantu melakukan pemasangan alat tersebut pada lampu mesin ATM," jelasnya.

Dari temuan tersebut pihak bank lalu berkoordinasi dengan tim dari unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Bali. Dari situlah tim mulai bergerak dan melakukan penyanggongan di dua titik tersebut, pada Sabtu (31/8).

"Bahwa setelah di dalam bilik mesin ATM terdakwa Stoyanov Georgi Ivanov membuka lampu dan terlihat seperti akan mengambil sesuatu. Selanjutnya begitu terdakwa keluar dari bilik ATM langsung dilakukan penangkapan dan ditemukan satu buah rangkaian baterai warna hitam, hal ini sesuai dengan rekaman CCTV tertanggal 31 Agustus 2019," tutur Eddy.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com