Bikin Perusahaan Patungan, Kalbe Farma Bidik Ekspor ke Sri Lanka

Bikin Perusahaan Patungan, Kalbe Farma Bidik Ekspor ke Sri Lanka

Yakob Arfin Tyas Sasongko - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 12:56 WIB
Foto: shutterstock
Foto: shutterstock
Jakarta -

Membidik pasar ekspor ke Sri Lanka, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) melalui anak usahanya yakni Kalbe International dan PT Dankos Farma membuat perusahaan patungan bernama Kalbe Lanka (Pvt) Ltd yang terbentuk pada 24 Oktober 2019.

Mengutip dari keterbukaan informasi, Kalbe Farma memiliki 100% saham pada Kalbe International Ltd dan PT Dankos Farma. Kalbe Lanka (Pvt) Ltd yang merupakan bentuk patungan dari Kalbe International bersama dengan Dankos Farma yang keseluruhan modalnya disetor dan ditempatkan senilai USD 600.000.

Rincian kepemilikan tersebut yakni senilai USD 594.000 atau 99% dimiliki oleh Kalbe International, sedangkan Dankos Farma hanya 1% atau USD 6.000.
"Nantinya Kalbe Lanka Ltd akan membuka pasar ekspor KLBF di Sri Lanka," kata Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius dalam keterangan tertulis, Jumat (15/11/2019).

Ke depannya Sri Lanka menjadi target ekspor sejumlah produk seperti obat over the counter (OTC), produk obat resep dan segmen nutrisi. Meski prospek bisnis farmasi di Sri Lanka tergolong besar, Vidjongtius mengakui kontribusinya masih kecil sehingga pihaknya belum dapat menyebut angka proyeksi kontribusi ke perusahaan secara konsolidasi.



Tonton juga video Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti:

[Gambas:Video 20detik]

(mul/ega)