detikNews
2019/11/17 21:15:03 WIB

Round-Up

Asa Jemaah Korban First Travel di Pundak Jaksa

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Asa Jemaah Korban First Travel di Pundak Jaksa Korban penipuan First Travel berunjuk rasa di depan gedung MA. (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ada secercah asa untuk jemaah korban First Travel setelah Mahkamah Agung memutuskan aset First Travel dirampas untuk negara. Harapan tersebut ada pada jaksa yang mengkaji upaya hukum lain yang bisa ditempuh untuk putusan itu.

Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin menyampaikan hal itu usai mengunjungi Paguyuban Pasundan di Jalan Aceh, Kota Bandung, Minggu (17/11/2019). Dia mengatakan, putusan kasasi oleh MA memang tidak sesuai dengan tuntutan jaksa yang meminta aset First Travel dikembalikan kepada para korban.

"Ini yang menjadi masalah. Asetnya First Travel ini kita nuntut agar barang bukti dan uang-uang disita dikembalikan kepada korban. Tapi oleh pengadilan, itu disita untuk negara, ini kan jadi masalah," ucap Burhanuddin.


Jaksa Agung ST BurhanuddinJaksa Agung ST Burhanuddin (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)


Burhanuddin kemudian mengaku akan membahas lagi dengan jajarannya terkait ada tidaknya upaya hukum lain agar aset First Travel dikembalikan kepada jemaah. Sejauh ini diketahui, tidak ada upaya hukum lain yang bisa dilakukan.

"Justru itu lagi kita bahas. Kita akan bahas apa upaya hukumnya ya," katanya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com