detikNews
Minggu 17 November 2019, 17:57 WIB

Gubernur Sulsel Beri Kado Bantuan Rp 50 M di HUT Ke-699 Gowa

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Gubernur Sulsel Beri Kado Bantuan Rp 50 M di HUT Ke-699 Gowa Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (Noval/detikcom)
Gowa - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah memberi kado ulang tahun berupa bantuan keuangan daerah sebesar Rp 50 miliar untuk Kabupaten Gowa yang merayakan hari jadi ke-699. Bantuan keuangan daerah itu diberikan untuk pembangunan pada 2020.

"Kado ulang tahun Gowa (yang merayakan hari jadi ke-699) ini kami memberikan bantuan keuangan daerah untuk 2020 sebesar Rp 50 miliar," ujar Nurdin dalam sambutannya di perayaan HUT ke-699 Gowa di kawasan Benteng Somba Opu, Gowa, Minggu (17/11/2019).


Nurdin berharap bantuan keuangan yang diberikan Pemprov Sulsel dapat memberikan kontribusi dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Gowa. Selain itu, hibah berupa bantuan ambulans dan mobil pemadam kebakaran dari Jepang yang akan diberikan ke Pemprov Sulsel akan diberikan beberapa ke Gowa.

Kita juga mendapat hibah ambulans dan damkar dari Jepang itu sebanyak 39 unit, insyaallah Gowa akan mendapat ambulans dan damkar juga," kata Nurdin.

Salah satu program yang akan didukung Pemprov Sulsel di Gowa ialah revitalisasi kawasan wisata Benteng Somba Opu. Pada perayaan HUT ke-699 Gowa, Nurdin juga telah menyaksikan langsung video presentasi rencana revitalisasi kawasan wisata Benteng Somba Opu.

"Saya kira saya tidak perlu menjelaskan program-program apa yang akan kita lakukan, kita sudah melihat tadi revitalisasi Benteng Somba Opu, insyaallah kita akan wujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Tetapi yang terpenting bagi saya adalah kehadiran saya di Gowa ini tentu merupakan support bagi Pak Bupati Gowa dan Wakil Bupati," jelasnya.


Nurdin juga berencana memberikan dana alokasi khusus (DAK) bidang pasar kepada Kabupaten Gowa. Nurdin menyebut berbagai bantuan yang diberikan Pemprov Sulsel merupakan dukungan kepada Kabupaten Gowa.

"Insyaallah tahun 2020 jadi DAK pasar yang akan diberikan ke Sulsel itu juga kita akan serahkan ke Kabupaten Gowa," paparnya.

Dukung Penuh Kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan di Gowa.

Dalam kesempatan itu, Nurdin juga mendukung penuh pemerintahan Kabupaten Gowa di bawah kepemimpinan Bupati Adnan Purichta Ichsan. Nurdin menilai apa yang dicanangkan Adnan di Gowa tidak cukup diselesaikan dalam waktu 5 tahun.

Untuk diketahui, saat ini Adnan memasuki tahun ke-4 periode pertama kepemimpinannya di Gowa. Pada 2020 mendatang, Gowa akan kembali melakukan pemilihan bupati. Dan Adnan dijagokan sejumlah pihak untuk kembali bertarung di Pemilihan Bupati Gowa 2020.

"Saya menyimak betul apa yang disampaikan oleh Bapak Bupati Gowa, di samping juga seluruh yang hadir memberikan doa, bahwa apa yang telah dicanangkan beliau saya kira tidak cukup 5 tahun bisa diselesaikan. Ini adalah sebuah gagasan, ide, dan program-program yang sangat-sangat cemerlang karena Gowa ini merupakan penyanggah Ibu Kota Makassar," kata Nurdin.


Nurdin melanjutkan, setiap program yang dilakukan Adnan di Gowa akan membawa perubahan yang terjadi melalui beberapa proses. Dia pun yakin Adnan dalam kepemimpinannya melanjutkan program dari kepemimpinan sang ayah yang juga sahabat Nurdin, yakni Mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo.

"Saya yakin dan percaya apa yang menjadi gagasan Almarhum Doktor Hj Ichsan Yasin Limpo ini yang dilanjutkan oleh Bapak Adnan yang sekarang menjadi Bupati Gowa. Dan tentu saya sebagai sahabat dari Pak Ichsan, tentu saya mengenal betul. Dan apalagi pohon kelapa itu jatuh tidak jauh dari induknya," ungkapnya.

"Kita berharap mudah-mudahan Pak Adnan memimpin Gowa ini diberikan kekuatan kesehatan untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Gowa. Kita tidak mendahului Yang Maha Kuasa, tetapi saya melihat sosok pemimpin Gowa yang muda, energik, dan tentu ini menjadi harapan kita semua," imbuhnya.
(nvl/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com