Petani Ditemukan Tewas di Lahat Sumsel, Diduga Diterkam Macan Tutul

Petani Ditemukan Tewas di Lahat Sumsel, Diduga Diterkam Macan Tutul

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 17 Nov 2019 13:35 WIB
Ilustrasi Macan Tutul (AFP)
Ilustrasi Macan Tutul (AFP)
Palembang - Seorang warga di Tanjung Sakti Lahat, Sumatera Selatan, ditemukan tewas diduga karena diterkam macan tutul. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel langsung turun ke lokasi mencari tahu penyebabnya.

"Pagi ini ada seorang warga meninggal diserang binatang buas. Lokasinya ada di Tanjung Sakti," ujar Kepala BKSDA Sumatera Selatan, Genman P Hasibuan saat dimintai konfirmasi, Minggu (17/11/2019).


Meskipun demikian, Genman mengaku belum mengetahui binatang buas yang menyerang korban yang berprofesi sebagai petani bernama Wanto itu. Saat ini BKSDA sedang turun langsung ke lokasi.

"Pastinya binatang apa belum tahu, itu kita terima laporan dugaan sementara macan dahan atau macan tutul. Ini kita dapatkan dari keterangan Kepala Desa," kata Genman.


Genman juga memastikan jika kejadian hari ini berbeda dengan lokasi wisatawan yang diserang di Pagaralam, Sumsel. Sebab, lokasi kali ini berada di Kabupaten Lahat.

"Beda dengan yang wisatawan diserang harimau. Harimau itu di Pagaralam, tapi ini di Lahat dan beda kabupaten. Warga juga bilang ini ada tutul-tutulnya atau itu kita prediksi macan tutul," kata Genman.


Selain menurunkan tim, Genman akan segera menurunkan tim untuk meneliti penyebab binatang buas itu keluar dari sarang. Apakah akibat dari kebakaran hutan dan lahan atau ada faktor lain. Penelitian ini bermula karena sepekan terakhir ini telah terjadi peristiwa hewan buas keluar sarang, ada yang sempat menyerang warga dan kini tewas setelah diterkam. (ras/zap)