detikNews
Minggu 17 November 2019, 12:28 WIB

Sebelum Serang Wisatawan, Harimau Terlihat oleh Warga Berkeliaran

Raja Adil Siregar - detikNews
Sebelum Serang Wisatawan, Harimau Terlihat oleh Warga Berkeliaran Ilustrasi Harimau (Andhika/detikcom)
Palembang - Seorang wisatawan yang tengah berlibur diserang harimau di Tugu Rimau, Pagaralam, Sumatera Selatan. Harimau itu disebut sudah menghantui warga sepekan terakhir.

"Jadi saya jelaskan bahwa sebelum ada insiden ini, warga sudah pernah melihat harimau di sekitar lokasi. Bahkan waktu itu kita cek ke lapangan," terang Kepala BKSDA Sumsel Genman Hasibuan saat dimintai konfirmasi, Minggu (17/11/2019).


Sayangnya, saat dicek ke lokasi, BKSDA tidak menemukan adanya jejak hingga petunjuk harimau. Hanya, warga di sekitar lokasi mengaku melihat bahwa ada harimau berkeliaran.

"Mungkin karena saat kami datang itu selesai hujan ya, jadi tidak ada jejak di lokasi. Saat itu kita imbau warga agar memberi tahu jika melihat harimau lagi," katanya.

"Warga ada melihat harimau di kawasan Dempo tanggal 9 dan 11 November lalu. BKSDA telah turun ke lokasi melakukan koordinasi dengan aparat setempat saat itu," kata Genman.


Dalam koordinasi itu, BKSDA menerima laporan adanya seorang wisatawan asal Sekayu bernama Irfan diserang harimau. Irfan diserang saat berada di tenda Tugu Rimau bersama lima temannya.

"Kita kaget dapat kabar ada diserang itu. Baru saja kita imbau untuk waspada, eh sudah kejadian. Itulah kita minta warga untuk waspada, kalau ke kebun hati-hati dan tidak melakukan perburuan," tegas Genman.


(ras/fdu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com