detikNews
Minggu 17 November 2019, 08:56 WIB

Ma'ruf Amin: Hindari Narasi Permusuhan saat Khotbah di Rumah Ibadah

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Maruf Amin: Hindari Narasi Permusuhan saat Khotbah di Rumah Ibadah Wapres Ma'ruf Amin di acara interfaith walk (Foto: Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti kegiatan jalan sehat lintas agama (interfaith walk) pagi ini. Ma'ruf menilai kegiatan itu bermanfaat besar dan ingin ada kegiatan serupa di tiap provinsi.

"Karena memang ini merupakan upaya konkret untuk bagaimana menyatukan seluruh potensi bangsa ini dan agama. Biayanya murah, tidak mahal, tapi manfaatnya besar. Dengan biaya semurah-murahnya, menimbulkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena itu saya ingin acara seperti ini dibuat di setiap provinsi," kata Ma'ruf di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (17/11/2019).


Ma'ruf mengatakan dirinya ingin acara serupa juga diadakan di Papua untuk menyatukan dan membangun kedamaian. Ia pun mengajak semua pihak membangun narasi kerukunan dan menyudahi konflik.

"Saya ingin ada upacara khusus atau event khusus untuk di Papua, supaya menyatukan seluruh rakyat Papua dan membangun Papua yang damai. Insyaallah kita akan melakukan upaya-upaya itu. Dan mari kita bangun sekarang ini narasi-narasi kerukunan, kita sudahi narasi-narasi konflik, narasi-narasi yang menimbulkan perbedaan," ujarnya.

Ma'ruf lalu mengimbau agar khotbah-khotbah yang disampaikan di tempat ibadah terhindar dari narasi konflik dan permusuhan. Ma'ruf ingin khotbah yang disampaikan membangun rasa saling mencintai dan menyayangi.


"Karena itu, narasi kita dalam khotbah di masjid, khotbah di gereja, di dalam ceramah-ceramah kita hindarkanlah narasi-narasi yang menimbulkan konflik dan permusuhan. Tapi narasi yang membangun rasa saling mengenal ta'aruf, rasa saling mencintai tawadhu, rasa saling menyayangi tarahut, rasa saling membantu ta'awun, rasa saling menolong tanafur," ucap Ma'ruf.

"Narasi-narasi itu yang harus kita bangun ke depan. Kita tinggalkan narasi-narasi konflik pada masa yang lalu," imbuhnya.

Wapres Ma'ruf Amin di acara interfaith walkWapres Ma'ruf Amin di acara interfaith walk Foto: Wilda Nufus/detikcom

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan kegiatan jalan sehat lintas agama ini menciptakan ikatan emosional antarumat beragama. Ia pun menyebut akan menindaklanjuti arahan yang diberikan Ma'ruf Amin.

"Kegiatan ini tidak butuh biaya yang banyak, modal sedikit, tapi bisa ciptakan ikatan emosional yang luar biasa seperti ini. Seluruh lintas agama hadir, Konghuchu, Budha, Hindu, Katolik dan Protestan, Islam hadir bersama. Insyaallah kami siap menindaklanjuti petunjuk-petunjuk dari Pak Wapres," ujar Nasaruddin.


Simak Video "Penjelasan Imam Besar Istiqlal Soal Selawat Saat Khotbah Jumat"

[Gambas:Video 20detik]


(azr/idn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com