Kuliah Umum di UI, Menkes Terawan Bicara Ketahanan Kesehatan Nasional

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 16 Nov 2019 16:03 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (Muhammad Ridho/detikcom)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (Muhammad Ridho/detikcom)
Depok - Menteri Kesehatan (Menkes) dr Terawan Agus Putranto mengisi kuliah umum di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI). Di situ, Terawan menekankan soal ketahanan kesehatan nasional.

"Ketahanan kesehatan nasional itu adalah bagaimana kita mampu berpikir dalam pencegahan," kata Terawan di kampus UI, Depok, Jawa Barat, Sabtu (16/11/2019).

Terawan menekankan pentingnya ketahanan kesehatan nasional, salah satunya untuk mencegah penyakit ataupun ancaman yang mengganggu produktivitas sumber daya manusia di masa depan.


"Supaya jangan sampai penyakit-penyakit maupun ancaman-ancaman yang nantinya ke depan mengganggu SDM itu terjadi, seperti stunting dan sebagainya," ucap Terawan.

Terawan menekankan salah satu program dari ketahanan kesehatan nasional adalah pencegahan. Pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan tindakan yang promotif dan preventif.

Terawan menjelaskan saat ini penyakit-penyakit tidak menular berkembang semakin pesat. Menurutnya, hal ini terjadi karena kesehatan dalam masyarakat belum berjalan dengan baik.

"Kita dikagetkan oleh data-data dari JKN mengenai penyakit-penyakit yang tidak menular menjadi semakin tinggi. Menghabiskan uang triliunan. Kardiovaskular, kemudian kanker, stroke, gagal ginjal. Apa sih awal-muasal nya? Ya berarti kesehatan masyarakatnya yang belum berjalan," tutur Terawan.


Terawan juga menjelaskan bidang kesehatan masyarakat adalah kunci terdepan untuk mewujudkan Indonesia yang sehat. Selain itu, kunci untuk mewujudkan SDM unggul dan Indonesia yang maju.

"Jadi ada kunci-kunci yang kesehatan masyarakat adalah patriot terdepan di dalam mewujudkan Indonesia sehat. Indonesia dengan SDM unggul dan Indonesia maju. Itu kuncinya di saudara-saudara semua ini," ucap Terawan. (dkp/dkp)