detikNews
2019/11/16 08:36:07 WIB

Mensos: Peran Pemda Penting Agar Penyaluran Bansos Berjalan Baik

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mensos: Peran Pemda Penting Agar Penyaluran Bansos Berjalan Baik Mensos Juliari P Batubara (Foto: dok. Kemensos)
Jakarta - Menteri Sosial Juliari P Batubara meminta percepatan realisasi penyaluran bantuan sosial tahun 2019 berjalan dengan baik. Juliari pun mengingatkan pentingnya peran berbagai pihak termasuk pemerintah daerah dalam mensukseskan penyaluran bantuan sosial (bansos).

"Jika bantuan telah terealisasi harapannya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat merasakan manfaatnya. Di sini, peran pemerintah daerah sangat penting agar realisasi penyaluran bansos berjalan baik," kata Juliari dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/11/2019).

Hal itu disampaikan Juliari dalam Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Sosial Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah II Tahun 2019 di Denpasar, Bali, Jumat (15/11). Turut hadir dalam acara itu, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, Kepala Badan Pendidikan Pelatihan dan Penyuluhan Sosial Syahabuddin, Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto, Direktur Penanganan Fakir Miskin Wilayah II I Wayan Wirawan, pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Kementerian Sosial.



Juliari juga menekankan pentingnya peran pemerintah daerah (pemda) dalam mendukung keberhasilan penyaluran bansos. Dia pun meminta pemda untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan dinas sosial hingga perusahaan swasta agar bansos dapat tersalurkan ke masyarakat.

Koordinasi dan sinergi itu, kata Juliari harus sejalan dengan Program Aksi Kabinet Indonesia Maju yaitu sinergi pemerintah daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan RI (Program Aksi ke 9).

"Pemda bertugas melakukan koordinasi dengan dinas sosial, Himbara, Bulog dan perusahaan swasta melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap semua jenis bantuan sosial," kata dia.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com