Zhongtong Dikandangkan karena Iklan Tak Senonoh, TransJ Ungkap Efek Sanksi

Zhongtong Dikandangkan karena Iklan Tak Senonoh, TransJ Ungkap Efek Sanksi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 15:45 WIB
Bus TransJakarta merek Zhongtong. (Wilda/detikcom)
Bus TransJakarta merek Zhongtong. (Wilda/detikcom)
Jakarta - PT TransJakarta telah memberi sanksi kepada Perum PPD berupa pengandangan karena konten video tidak senonoh di bus Zhongtong. Sanksi itu membuat 59 bus Zhongtong tidak bisa beroperasi selama tiga hari.

"(efek sanksi) setop operasi yang berdampak pada kerugian operator," ucap Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono saat dihubungi, Jumat (15/11/2019).


Menurut Agung, PPD mengalami kerugian karena, dengan bus tidak beroperasi, ada biaya yang tidak dibayarkan oleh TransJakarta. Namun Agung belum tahu berapa kerugian yang didapat oleh PPD.

"Mereka yang bisa perkirakan," ucap Agung.

Tak cuma operator bus, TransJakarta juga rugi

PT Transjakarta mengaku rugi karena jumlah armada berkurang saat mengandangkan 59 bus Zhongtong akibat kasus video tidak senonoh. Namun, TransJakarta lebih mementingkan kualitas pelayanan bagi penumpang.

"Betul. Tapi kesalahan harus ditegakkan sanksinya dan dievaluasi sampai semua tindak lanjut yang diperintahkan telah terpenuhi. Lebih baik armada berkurang dulu daripada armada bermasalah. Setelah masalah tuntas, baru boleh jalan," ucap Direktur Utama PT TransJakarta, Agung Wicaksono.

Sebelumnya, hari ini TransJ sudah memperbolehkan bus Zhongtong PPD yang sempat dikandangkan karena konten video tidak senonoh sejak Selasa (12/11). Agung menyebut bus tersebut sudah bebas dari video yang melanggar itu.

"Yang muncul di display bukan iklan, melainkan konten video tak sesuai norma sebagai bagian dari display. Dan dilaporkan sudah dihapus kontennya serta dicabut aliran listriknya," ucap Agung.


Diketahui, Bus TransJakarta koridor 1 sempat menayangkan video yang dianggap tak senonoh di televisi bus. Momen itu direkam oleh penumpang dan videonya pun viral.

Dilihat detikcom, Selasa (12/11), video viral tersebut diambil di dalam bus TransJakarta pada malam hari. Dalam keterangan yang dituliskan dalam unggahan, video diambil pada 9 November 2019 pada pukul 19.00 WIB.




Tonton juga video Transjakarta: Zhongtong Pernah Jadi Polemik, Kini Monitoring Diperketat!:

[Gambas:Video 20detik]



(aik/gbr)