Anak Bupati Majalengka Masih Bebas, Habiburokhman Ingatkan Program Kapolri

Anak Bupati Majalengka Masih Bebas, Habiburokhman Ingatkan Program Kapolri

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 14:08 WIB
Foto: Habiburokhman dan Jenderal Idham (Dok. Habiburokhman)
Foto: Habiburokhman dan Jenderal Idham (Dok. Habiburokhman)
Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman meminta penanganan kasus penembakan yang menjerat anak Bupati Majalengka Karna Sobahi, Irfan Nur Alam sejalan dengan program Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Kan kita punya Kapolri baru, semangatnya bagus sekali waktu fit and proper test tersebut kemarin. Semoga apa yang dijabarkan Pak Kapolri itu benar-benar diwujudkan dalam penanganan kasus ini," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (15/11/2019).


Dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR beberapa waktu lalu, Idham menjabarkan tujuh program yang bakal diberlakukan jika menjabat sebagai Kapolri. Salah satu programnya adalah penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan.

Habiburokhman menekankan bahwa penegakan hukum harus memiliki standar yang sama. Jangan sampai, sebut dia, penegakan hukum justru tajam ke masyarakat biasa, tapi tumpul ke anak pejabat.

"Hukum harus tegak ya, siapapun yang diduga melakukan pelanggaran harus dikenakan standar yang sama. Jangan sampai ada dobel standar, hukum tajam ke masyarakat biasa, lalu tumpul ke anak-anak pejabat. Yang seperti ini harus dihindari," tegasnya.


Habiburokman memastikan Komisi III DPR akan terbuka terkait penanganan kasus penembakan anak Bupati Majalengka itu. Ia mempersilakan masyarakat yang ingin mengadu jika menemukan pelanggaran dalam penanganan kasus tersebut.

"Kami di Komisi III juga terbuka kalau ada masyarakat yang mengadukan adanya pelanggaran prosedur dalam penanganan kasus ini," terang politikus Partai Gerindra itu.

Diberitakan sebelumnya, Irfan Nur Alam telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penembakan kontraktor bernama Panji Pamungkasandi. Namun Irfan belum ditahan.

"IN (Irfan Nur Alam) sudah ditetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangkanya sejak Rabu kemarin," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan saat dihubungi, Kamis (14/11).




Simak juga video Pengacara Pastikan Anak Bupati Majalengka Penuhi Panggilan Polisi:

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)