Puluhan Rumah di Buleleng Rusak Akibat Gempa M 5,0

Puluhan Rumah di Buleleng Rusak Akibat Gempa M 5,0

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 10:41 WIB
Dampak gempa M 5,0 di Buleleng. (Dok. BPBD Buleleng)
Dampak gempa M 5,0 di Buleleng. (Dok. BPBD Buleleng)
Denpasar - Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 yang mengguncang Buleleng, Bali, mengakibatkan puluhan rumah rusak. Beberapa pura di kawasan Buleleng juga dilaporkan rusak.

"Rekap data terkini dampak pascagempa yang terjadi di Buleleng, puluhan rumah dan pura di lima kecamatan dilaporkan terdampak," kata Kepala Pelaksana BPBD Bali, Made Rentin, kepada wartawan, Jumat (15/11/2019).

Kerusakan yang dilaporkan mulai dari atap rontok, tembok retak hingga dinding roboh.Kerusakan yang dilaporkan mulai dari atap rontok, tembok retak, hingga dinding roboh. (Foto: Dok. BPBD Buleleng)


Dari data yang diterima detikcom, kerusakan dilaporkan terjadi di Kecamatan Banjar, Seririt, Sukasada, Gerokgak, dan Busung Biu. Kerusakan yang dilaporkan mulai dari atap rontok, tembok retak, hingga dinding roboh.
Gempa yang berpusat di Buleleng, Bali, ini dirasakan terjadi dua kali. Warga yang merasakan gempa berhamburan ke luar rumah.

"Iya, terasa gempa dua kali. Sangat terasa getarannya," kata salah satu warga Buleleng, Gede Suardana, saat dihubungi, Kamis (14/11).


Dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 17.21 WIB, Kamis (14/11). Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 ini berlokasi di koordinat 8,16 Lintang Selatan dan 114,90 Bujur Timur atau 21 km barat daya Bulelang, Bali. Gempa berada di kedalaman 10 km.

Berikut ini data dampak gempa di Buleleng:

1. Kecamatan Banjar: 3 rumah di Desa Banjar dan 1 rumah Desa Tampekan

2. Kecamatan Seririt: 1 merajan di Desa Kalianget dan 1 di Desa Pangkung Paruk; 11 rumah di Desa Kalisada, Lokapaksa, dan Pangkung Paruk; Pura Puseh di Kelurahan Seririt; Pura Dalem Ularan di Desa Ularan; Wantilan Desa Unggahan; 1 Pura Kawitan di Desa Pangkung Paruk.

3. Kecamatan Sukasada: 1 rumah di Desa Kayu Putih.

4. Kecamatan Gerokgak: 1 rumah di Desa Musi dan 6 Pengulon, dan 1 pelinggih di Desa Musi.

5. Kecamatan Busung Biu: 1 rumah di Desa Telaga dan 1 Desa Tista.




Daerah yang Ikut Rasakan Guncangan Gempa Malut-Sulut M 7,1:

[Gambas:Video 20detik]



(ams/aan)