detikNews
Jumat 15 November 2019, 10:07 WIB

Gempa Bumi Susulan di Malut-Sulut Tercatat 81 Kali

Eva Safitri - detikNews
Gempa Bumi Susulan di Malut-Sulut Tercatat 81 Kali Foto: Dok: BMKG
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 81 kali gempa susulan yang terjadi di wilayah antara Maluku Utara dan Sulawesi Utara. Data itu dicatat hingga pukul 09.00 WIB.

"Sampai hari ini pukul 09.00 WIB, telah tercatat 81 kali gempa susulan dan di antaranya ada 7 kali yang berdampak dirasakan," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmay Triyono di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

Dari total tersebut, terdapat 13 kali gempa yang memiliki magnitudo di atas 5. Sedangkan untuk 7 kali gempa yang dirasakan masih berpusat di titik gempa utama.


"Dengan catatan di antara 81 kali itu, ada 13 kali magnitudo di atas 5, sementara lainnya di bawah 5. Gempa 7 kali yang dirasakan itu juga sumber gempanya masih di sekitar gempa utama yang tadi malam terjadi," kata Rahmat.

Rahmat mengatakan intensitas guncangan gempa tadi malam dirasakan dengan skala 4-5 MMI. Gempa terasa hingga wilayah Manado, Bitung, hingga Gorontalo dan Ternate.

"Kalau tadi malam intensitas guncangannya itu dirasakan di Manado dan Bitung dengan intensitas 4 sampai 5 MMI. Kemudian di Gorontalo dan Ternate juga 4," ujarnya.


Skala 4 MMI itu, kata Rahmat, tidak akan berdampak bagi konstruksi bangunan yang kuat. Namun akan berdampak kerusakan ringan pada bangunan konstruksi sederhana.

"Tentunya 4 sampai 5 MMI itu dengan konstruksi bangunan yang kuat tentunya tidak ada bangunan yang serius. Kalau konstruksinya sederhana bisa jadi ada kerusakan ringan sampai sedang," tutur Rahmat.




Daerah yang Ikut Rasakan Guncangan Gempa Malut-Sulut M 7,1:

[Gambas:Video 20detik]




(eva/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com