detikNews
Jumat 15 November 2019, 10:01 WIB

BNPB: 2 Orang Luka Akibat Gempa M 7,1 di Malut

Haris Fadhil - detikNews
BNPB: 2 Orang Luka Akibat Gempa M 7,1 di Malut Ilustrasi gempa (Zainal Abidin/detikcom)
Jakarta - BNPB mengatakan dua orang terluka akibat gempa bermagnitudo 7,1 yang terjadi di Maluku Utara (Malut). Kedua korban luka tersebut berada di Kota Ternate.

"Data Pusdalops BNPB mencatat dua orang mengalami luka atas nama Delvi Peo dan Mesin Bunga. Keduanya berasal dari Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo, kepada wartawan, Jumat (15/11/2019).
Gempa M 7,1 itu terjadi pada pukul 23.17 WIB, Kamis (14/11). Selain mengakibatkan korban luka, gempa tersebut merusak sejumlah bangunan.

"Gempa memicu kerusakan di Kota Ternate, seperti rumah dan rumah ibadah rusak ringan. Pusdalops BNPB mencatat 6 rumah rusak ringan, di antaranya di Kelurahan Mayau 3 unit, Lekewi 2, dan Bido 1. Semuanya di Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate, sedangkan 2 unit gereja rusak ringan di Kelurahan Bido dan Lelewi," ucapnya.
Masyarakat yang sempat menjauh dari pantai akibat potensi tsunami saat gempa M 7,1 terjadi kini mulai kembali ke rumah masing-masing. BNPB mengimbau warga tetap mengantisipasi gempa susulan yang bisa saja terjadi.

Sebelumnya, dilaporkan tsunami terdeteksi pada Kamis (14/11) pukul 23.43 WIB. Tinggi air mencapai 0,06 meter. Sementara itu, di Bitung, tsunami setinggi 0,1 meter terjadi pada Jumat (15/11) pukul 00.08 WIB.

Gempa bumi magnitudo 7,1 terjadi di Jailolo, Maluku Utara (Malut). Sebelumnya, gempa ini disebut berpotensi menimbulkan tsunami. Gempa ini dirasakan di sejumlah daerah.




Ini Daerah yang Ikut Rasakan Guncangan Gempa Malut-Sulut M 7,1:

[Gambas:Video 20detik]



(haf/imk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com