detikNews
2019/11/15 08:45:13 WIB

Status Eks Napi Ahok Disoal, PDIP Contohkan Bung Karno

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Status Eks Napi Ahok Disoal, PDIP Contohkan Bung Karno Hendrawan Supratikno (Foto: dok. ist)
Jakarta -
PDIP membela mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang santer dikabarkan akan menjadi bos salah satu BUMN. PDIP menilai Ahok memiliki kompetensi dan integritas untuk menjadi pimpinan BUMN meski seorang eks narapidana.

"Bila bobot terbesar pada keberanian melakukan terobosan, integritas dan kompetensi, dia sangat layak untuk dipertimbangkan," kata politikus PDIP Hendrawan Pratikno saat dihubungi, Kamis (14/11/2019).



Hendrawan mengatakan persoalan eks narapidana itu tergantung pada hasil penafsiran tekanan politis atau bukan. Namun, menurutnya sebagai seorang pemimpin tetap integritas dan kompetensi paling utama.

"Prinsipnya setuju harus selektif. Termasuk apakah pidana penjara seseorang lebih sebagai hasil penafsiran dan tekanan politis, atau bukan. Jadi pertimbangan utama hendaknya tetap pada integritas dan kompetensi," ucap Hendrawan

Hendrawan lalu bicara faktor-faktor yang membuat seseorang dipenjara. Menurutnya, seseorang bisa saja dipenjara karena keberanian memegang prinsip hingga karena terlibat kasus korupsi.

"Soalnya ada orang yang dipenjara karena keberanian memegang prinsip. Nelson Mandela dan Bung Karno adalah contoh yang sering disebut. Ada orang yang dipenjara karena korupsi, ada orang yang tidak dipenjara karena kelihaian memainkan bukti-bukti ketidakterlibatan," sebutnya.


Ahok Calon Bos BUMN, Ini Komentar Jokowi:




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com