detikNews
Jumat 15 November 2019, 02:57 WIB

BMKG Catat Ada 28 Kali Gempa Susulan di Malut

Tim detikcom - detikNews
BMKG Catat Ada 28 Kali Gempa Susulan di Malut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta - BMKG mencatat setidaknya ada 28 kali gempa susulan pascagempa bermagnitudo 7,1 di Maluku Utara. Magnitudo gempa susulan tersebut bervariasi.

"BMKG juga mencatat bahwa hingga pukul 01.50 WIB telah terjadi gempa-gempa susulan sebanyak 28 kali dengan magnitudo bervariasi," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantonya, jl Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

Ia mengatakan magnitudo gempa susulan itu mulai dari 3,2 hingga 5,9. Ia juga mengatakan peringatan dini tsunami sudah berakhir sejak pukul 01.45 WIB.



"Peringatan dini tsunami berakhir pada Jumat pukul 01.45 WIB," ucapnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat agar kembali ke rumah masing. Namun ia tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi gempa susulan.

"Maka masyarakat diimbau kembali ke rumah masing namun demikian juga diimbau agar tetap waspada terhadap gempa susulan bukan tsunami dan tentunya agar masyarakat tetap tenang tidak terpengaruh isu-isu tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Sebelumnya, gempa bumi magnitudo 7,1 terjadi di Jailolo dan berpotensi menimbulkan tsunami pada Kamis (14/11) pukul 23.17 WIB. Status peringatan dini tsunami telah dicabut BMKG.




(ibh/fdu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com