DKI Geram Lantai Kayu Futuristik Diterjang Skuter Listrik

Round-Up

DKI Geram Lantai Kayu Futuristik Diterjang Skuter Listrik

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 20:02 WIB
JPO Sudirman (Lamhot Aritonang/detikcom)
JPO Sudirman (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ulah pengguna skuter listrik yang melintas di jembatan penyeberangan orang (JPO) membuat Pemprov DKI akhirnya menerbitkan larangan. Masalahnya, lantai kayu di JPO bukan diperuntukkan bagi skuter listrik.

Tiga JPO di Jalan Sudirman yang rusak adalah JPO Bundaran Senayan, JPO GBK, dan JPO Polda Metro. Ketiganya memang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Februari 2019. Desainnya jadi unik dan berbeda.

Kerusakan JPO akibat skuter listrik /Kerusakan JPO akibat skuter listrik. (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Salah satu perbedaannya ada pada lantainya. Bila JPO lain berlantai beton, 3 JPO ini menggunakan panel kayu conwood sebagai lantainya. Sejak awal, JPO itu memang didesain hanya untuk dilintasi pejalan kaki.


Akibat dilintasi pengguna skuter listrik, lantai kayu jadi tergores bekas ban hingga bocel-bocel. Anggapan bahwa lantai JPO itu rentan rusak pun ditepis.

"Bukan gampang rusak, panel kayak kayu, conwood, itu memang untuk jalan kaki bukan untuk main skuter. Itu lawan roda lawan ini, ya kalah. Itu kan khusus untuk jalan kaki, bukan untuk mesin. Makanya kita lakukan pelarangan, bahwa gunakan JPO harus bijak," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho saat dihubungi, Kamis (14/11/2019).


Selain oleh skuter, Hari menyebut lantai JPO GBK akan rusak oleh benda yang memiliki material besi.

"Ya sejenis ban besi gitu lah. Skuter kan ada ban mati terus ada besinya. Kan itu yang bikin rusak," kata Hari.

Lalu, mengapa lantai kayu yang dipilih untuk 3 JPO itu?
Selanjutnya
Halaman
1 2