detikNews
2019/11/14 17:31:33 WIB

Kemenhub Beri Masukan Soal Skuter Listrik: Batas Usia-Wilayah Operasi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kemenhub Beri Masukan Soal Skuter Listrik: Batas Usia-Wilayah Operasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jumpa pers soal skuter listrik. (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan masukan ke Pemprov DKI terkait regulasi skuter listrik (e-skuter) yang saat ini masih digodok. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, Pemprov DKI menangkap respons positif untuk segera membuat regulasi e-skuter.

"Dari pihak DKI, ternyata sudah menangkap respons positif, akhirnya kan membangun regulasi tak mudah, butuh waktu dan butuh harmonisasi. Yang jelas dari Pemprov DKI telah buat regulasi menyangkut bagaimana pengguna dari Grabwheels di sekitar Jakarta," kata Budi saat jumpa pers, di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2019).



Kemenhub, lanjut Budi, memberikan masukan agar ada pembatasan usia pengguna skuter listrik. Termasuk aturan mengenai spesifikasi skuter listrik itu sendiri.

"Ada yang akan diatur di sana menyangkut masalah batas usia penggunanya, kemudian jenis, nama pergubnya adalah tentang perorangan, jadi peraturan gubernur untuk perorangan," ujar Budi.



Budi juga menyampaikan saran untuk ada aturan mengenai pembatasan wilayah yang bisa dilalui skuter listrik. Budi menyarankan skuter listrik hanya bisa melintas di jalur sepeda.

"Tidak boleh di trotoar dan tidak boleh juga di JPO," sebutnya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com