detikNews
2019/11/14 16:54:18 WIB

Polisi Tangkap WN Romania Pelaku Skimming ATM di Kemang

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Tangkap WN Romania Pelaku Skimming ATM di Kemang Foto: Samsuduha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Polisi menangkap dua Warga Negara Romania karena melakukan pencurian di mesin ATM menggunakan modus skimming. Satu tersangka ditembak mati polisi karena melawan petugas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan awalnya polisi menerima laporan dari salah satu bank terkait adanya keluhan dari nasabah yang saldo uangnya selalu berkurang. Laporan itu masuk pada bulan Oktober 2019.

"Berawal dari laporan bank melaporkan ada 17 nasabah komplain. 17 nasabah komplain ke bank bahwa dia tidak bertransaksi kenapa, saya ditagih," kata Argo di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Setelah diusut, polisi menangkap 2 tersangka bernama Solomes dan Kristea saat akan beraksi di ATM daerah Kemang, Jakarta Selatan pada 9 November 2019. Kedua tersangka kerap beraksi memasang alat bernama spycam dan deep skimmer di mesin-mesin ATM untuk meng-copy kartu dan merekam password calon korbannya sebelum kedua tersangka menguras habis uang di rekening korbannya.

"Ini namanya deep skimmer dan spycam. Kemudian pelaku itu setelah kita tangkap dan periksa memang benar dia sudah lakukan beberapa lokasi di Jakarta, mengambil data caranya ada ATM kemudian alat ini dipasang di mulut ATM dan saat kartu masuk itu terekam," kata Argo.

"Ya biasa nasabah tetap ngambil uang biasa tapi nggak sadar ini ada kamera namanya spycam itu, kecil sekali ini bisa lihat tangan teken password atau PIN," sambungnya.







Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com