150 Perwira Seskoal Diwisuda, Wakasal: Pertahanan Adalah Investasi

150 Perwira Seskoal Diwisuda, Wakasal: Pertahanan Adalah Investasi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 12:49 WIB
Foto: Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) mewisuda 150 perwira menengah. (Rahel-detikcom)
Foto: Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) mewisuda 150 perwira menengah. (Rahel-detikcom)
Jakarta - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) angkatan ke 57 meluluskan 150 perwira menengah. Terdapat 8 perwira menengah dari negara sahabat, yaitu Singapura, Jepang, India, Republik Korea, Malaysia, Pakistan, Australia, dan Thailand.

"Pengukuhan dilakukan kepada 150 perwira siswa yang terdiri 138 orang perwira menengah TNI Angkatan Laut, 2 orang perwira menengah TNI Angkatan Darat, 2 orang perwira menengah TNI Angkatan Udara, dan 8 orang perwira menengah negara sahabat," kata Pemimpin Sidang Dankodiklatal Laksamana Muda TNI Dedy Yulianto di Auditorium Jos Soedarso Seskoal, Jalan Ciledug Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/19).

Dedy menekankan para lulusan harus terus melatih pendekatan kecerdasan akal sehat, emosi, dan spiritual. pendekatan ini diharapkan bisa memiliki keseimbangan agar lulusan tidak mengarah pada tindakan yang negatif.

"Ketiga penegakan kecerdasan tersebut harus selalu dilatih dan dikembangkan secara seimbang karena pendekatan pemikiran apabila tidak dilandasi dengan kecerdasan moral dan spiritual akan mengarah pada tindakan yang negatif," ucap Dedy.


Sementara, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ismunandar mengingatkan para wisudawan tentang kemajuan di era revolusi 4.0. Perkembangan ini turut juga berpengaruh dalam bidang militer.

"Sebut saja di sektor militer, kemajuan kecerdasan buatan artificial intellegence, e-learning, dan roboting mendorong munculnya kapabilitas militer baru," kata Ismunandar dalam sambutannya.
Selanjutnya
Halaman
1 2