detikNews
2019/11/14 06:31:42 WIB

Tawari Jabatan, BUMN Yakin Ahok Keluar dari PDIP Jika Jadi Dirut

Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tawari Jabatan, BUMN Yakin Ahok Keluar dari PDIP Jika Jadi Dirut Basuki Tjahaja Purnama ditawari jabatan bos BUMN. (Foto: detikcom)
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditawari jabatan menjadi direktur utama milik BUMN. Pihak BUMN yakin Ahok akan mundur dari PDIP jika resmi masuk ke BUMN.

"Yang pasti ketika beliau sudah resmi di salah satu BUMN, maka semua peraturan perundang-undangan pasti sudah dipenuhi," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga lewat pesan singkat, Rabu (13/11/2019).

Ahok saat ini masih berafiliasi di PDIP. Jika merujuk pada surat edaran nomor SE-01/MBU/S/01/2019, direksi tertulis dilarang menjadi pengurus parpol. Berikut petikan isi surat edaran BUMN:
Sesuai dengan ketentuan persyaratan pengangkatan Direksi, Dewan Komisaris, Dewan Pengawas BUMN dan pengangkatan Direksi serta Dewan Komisaris anak perusahaan BUMN yaitu dilarang sebagai pengurus partai politik, dan/atau anggota legislatif dan/atau calon anggota legislatif, dan dengan mempertimbangkan bahwa perusahaan afiliasi BUMN merupakan bagian dari pengembangan dan investasi usaha dari BUMN dan anak perusahaan BUMN.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com