detikNews
Rabu 13 November 2019, 19:10 WIB

Polisi Minta Warga Tak Gunakan Skuter Listrik di Jalan Raya

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi Minta Warga Tak Gunakan Skuter Listrik di Jalan Raya Skuter listrik (DW News)
Jakarta - Polda Metro Jaya mengimbau warga agar tidak menggunakan skuter listrik tidak di jalan raya, namun di lingkungan perumahan saja. Tujuannya adalah meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kita imbau kepada masyarakat kalau menggunakan otopet listrik sebaiknya di lingkungan perumahan tidak gunakan di jalan raya," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/11/2019).


Fahri mengatakan pihaknya tidak bisa membatasi penggunaan skuter listrik yang saat ini makin marak digunakan oleh masyarakat. Polisi juga mengingatkan pengelola skuter untuk tidak menyediakan tempat penyewaan skuter di area yang dekat jalan raya.

"Kami melihat sudah ada beberapa tempat yang dijadikan tempat penyewaan dari point to point. Nah, ini perlu pemikiran dari pengelola, penyedia otopet listrik untuk tidak menempatkan di tempat-tempat yang justru nanti menimbulkan dampak kecelakaan lalu lintas karena digunakan di jalan raya," jelas Fahri.


Fahri juga menyebut skuter listrik tidak boleh digunakan di trotoar. Skuter listrik, menurut dia, rentan digunakan tanpa dilengkapi pelindung.

Polisi, disebutnya, saat ini tengah fokus memperdalam prosedur penggunaan skuter listrik agar aman digunakan. Fahri mengatakan perlu ada diskusi dengan instansi-instansi terkait untuk membahas soal skuter listrik tersebut.

"Nanti akan koordinasi dengan pemerintah provinsi karena nanti rambu-rambu, marka nanti juga diatur oleh lembaga lain, yakni instansi Dishub. Nanti kita minta supaya ada lingkungan tertentu yang boleh dilintasi," ujar Fahri.


Simak juga video "Lantai JPO Sudirman Rusak Akibat Sering Dilewati Skuter Listrik"

[Gambas:Video 20detik]


(sam/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +