detikNews
Rabu 13 November 2019, 15:16 WIB

Ajukan Rp 500 M Bantuan Daerah, Gubernur Sulsel Diminta Fokus Infrastruktur

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Ajukan Rp 500 M Bantuan Daerah, Gubernur Sulsel Diminta Fokus Infrastruktur Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom
Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mengajukan anggaran Rp 500 miliar di RAPBD 2020 untuk bantuan kabupaten/kota. Nurdin diingatkan agar memprioritaskan anggaran hanya untuk pembangunan infrastruktur untuk daerah terisolir dan pengembangan daerah destinasi wisata.

Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulsel Rahman Pina dalam pandangan umum Fraksi Golkar terhadap Nota Keuangan dan Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2020 di gedung DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (13/11/2019).

Rahman menyebut pembatasan bantuan kabupaten/kota yang diperuntukkan hanya untuk infrastruktur merupakan kesepakatan penyelarasan dan penyerasian KUAPPAS 2020.

"Bantuan keuangan kabupaten/kota tahun anggaran 2020 dibatasi hanya untuk infrastruktur. Saya ulangi, hanya untuk infrastruktur membuka jaringan daerah yang terisolasi dan konektivitas antar daerah serta pengembangan destinasi wisata," katanya.

Rahman juga mengingatkan agar daftar penerima keuangan kabupaten/kota dan hibah yang telah disepakati dan disetujui oleh Gubernur nantinya diserahkan ke Badan Anggaran.

Sementara itu Fraksi Gerindra dalam pandangan umum sempat menyoroti beberapa objek wisata di Sulsel yang perlu bantuan infrastruktur

Dalam bidang pariwisata penting kami kemukakan bahwa ada beberapa objek wisata yang butuh bantuan infrastruktur. Sebutlah misalnya objek wisata negeri Diatas Awan di Tana Toraja. Atau Pantai Bira di Bulukumba," ujar anggota Fraksi Gerindra Vonny Ameliani Suardi saat membacakan pandangan umum.

Vonny menyebut kondisi geografis objek wisata Negeri di Atas Awan, Tana Toraja dapat membahayakan jika tidak didukung infrastruktur memadai.

"Kondisi geografisnya yang rawan untuk negeri Diatas Awan Tana Toraja bisa membahayakan pengunjung wisatawan maupun masyarakat di sekitarnya," tuturnya.
(nvl/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com