detikNews
2019/11/13 12:55:55 WIB

Jokowi Minta Urusan Hukum Diingatkan Dulu Sebelum Ditindak, Ini Kata KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jokowi Minta Urusan Hukum Diingatkan Dulu Sebelum Ditindak, Ini Kata KPK Dokumentasi Gedung Merah Putih KPK (Foto: dok detikcom)
Jakarta - KPK berharap semua institusi pemerintah serius melakukan pencegahan korupsi sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, KPK pun tidak main-main bilamana mengusut tindak pidana korupsi yang jelas-jelas merugikan negara.

"Jangan coba-coba lakukan korupsi karena jika kejahatan telah terjadi, apalagi korupsi sebagai kejahatan luar biasa, maka penegakan hukum akan dilakukan," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (13/11/2019).

Febri menyampaikan upaya pencegahan dan penindakan hukum berjalan beriringan demi kepastian hukum. Menurutnya, hal ini selaras dengan arahan dari Jokowi.



Namun Jokowi sebelumnya ingin agar aparat penegak hukum lebih mendahulukan tindakan pencegahan sebelum penindakan. Hal itu disampaikannya saat Rapat Koordinasi Nasional Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Rakornas Forkompida) di Sentul Interrnational Convention Center (SICC), Bogor.

"Saya titip kalau ada persoalan hukum dan itu sudah kelihatan di awal-awal. Preventif dulu, diingatkan dulu. Jangan ditunggu kemudian peristiwa terjadi baru di... Setuju semuanya?" kata Jokowi yang diamini para peserta rapat itu.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com