Jokowi: Jangan Pernah Gigit Pebisnis-Pejabat yang Berinovasi untuk Negara

Jokowi: Jangan Pernah Gigit Pebisnis-Pejabat yang Berinovasi untuk Negara

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 11:57 WIB
Jokowi-Maruf Amin (Andhika Prasetya/detikcom)
Jokowi-Ma'ruf Amin (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya kepastian hukum bagi pengusaha dan pejabat yang melakukan inovasi. Jokowi meminta aparat penegak hukum tidak mencari-cari kesalahan mereka.

"Jangan pernah 'menggigit' pejabat atau pelaku bisnis yang sedang berinovasi untuk kemajuan negara ini. Karena tugas Saudara-saudara adalah menggigit siapa pun yang punya niat buruk yang mengganggu agenda-agenda strategis bangsa," kata Jokowi di Rakornas Forkompida, Sentul, Bogor, Rabu (13/11/2019).

Jokowi mengatakan akan bertindak tegas terhadap siapa pun yang menghalangi aparat penegak hukum. Dia mengaku akan berkoordinasi dengan Jaksa Agung, Kapolri, hingga KPK.

"Saya tidak akan memberikan toleransi kepada aparat yang menakut-nakuti dan menghambat inovasi yang memeras pejabat. Saya sampaikan secara terbuka," ucapnya.




"Yang kerjaannya memeras pelaku usaha, saya mendengar banyak sekali dan saya perintahkan Kapolri atau Jaksa Agung. Nih ada ini di kejari ini kejati ini polda, polres. Ini tolong cek, copot pecat, udah gitu aja," sambungnya.

Jokowi akan menindak tegas aparat yang menghambat kebijakan atau inovasi yang baik untuk negara. Dia akan bertindak tegas melalui Jaksa Agung, Kapolri, hingga KPK.

"Kalau masih ada akan saya gigit sendiri, ini ada apa kok nggak jalan. Saya sudah mulai ngerti, saya udah mulai ngerti kalau masih diteruskan. Kalau masih ada yang main-main. Sekali lagi yang gigit saya sendiri, lewat cara saya. Lewat KPK bisa, lewat Polri, lewat Kejaksaan bisa. Saya bisikin di sana ada yang main-main," katanya. (fdu/fdn)