Polisi Petakan Rencana Abdul Basith cs Siapkan Molotov dari Rekonstruksi

Polisi Petakan Rencana Abdul Basith cs Siapkan Molotov dari Rekonstruksi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 10:55 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya melakukan rekonstruksi dalam kasus rencana kerusuhan dari jaringan Abdul Basith cs. Rekonstruksi ini digelar untuk menyamakan fakta dan keterangan para tersangka.

"Ya sudah kita lakukan rekonstruksi kasus Abdul Basith yang bom molotov," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (13/11/2019).




Argo mengatakan rekonstruksi itu berlangsung pada Rabu, 6 November 2019. Ada 6 lokasi tempat rekonstruksi itu berlangsung.

"Rekonstruksi pertama ada di Jalan Raya Cilangkap, Pertamini daerah Munjul, daerah Cibubur, daerah Taman Manggala Wanabhakti, flyover Pejompongan, perempatan Benhil dan di Polda Metro Jaya," ungkap Argo.

Argo mengatakan ada beberapa lokasi tempat rekonstruksi yang dilakukan di Polda Metro Jaya. Sebanyak 48 adegan terekam dalam rekonstruksi itu.

"Ada 48 adegan inti. Pelaksanaan rekonstruksi dimulai pukul 11.00 WIB dan selesai pukul 19.30 WIB dan rekonstruksi berjalan aman, terkendali," kata Argo.

Seperti diketahui, dosen IPB Abdul Basith ditangkap polisi karena merencanakan kerusuhan di aksi Mujahid 212 pada Sabtu (28/9) lalu. Abdul Basith cs berencana menaruh bom-bom di lokasi pusat perekonomian dan ritel di Jakarta. Abdul Basith cs juga berencana membawa isu penjarahan toko-toko milik etnis Tionghoa.




Setelah diusut polisi, Abdul Basith memiliki jaringan lain tapi tujuannya tetap sama, ingin membuat kerusuhan. Abdul Basith sempat mendompleng demo mahasiswa pada 24 September lalu untuk membuat kerusuhan dengan melemparkan bom molotov. Bahkan saat itu ada 7 bom molotov yang dilempar oleh eksekutor di tengah aksi ricuh.

Dalam kasus bom molotov ini, polisi mengamankan 7 tersangka yang berhasil melemparkan molotov di tengah kericuhan demo mahasiswa. Polisi hingga kini masih terus menyelidiki kasus tersebut.



Simak juga video Dosen IPB Perancang Demo Rusuh Terancam Dipecat dari PNS!:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(sam/dhn)