Mendagri Minta Forkopimda Sinergikan Visi-Misi Jokowi dengan Daerah

Mendagri Minta Forkopimda Sinergikan Visi-Misi Jokowi dengan Daerah

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 10:21 WIB
Mendagri Tito Karnavian Foto: Rolando/detikcom
Mendagri Tito Karnavian Foto: Rolando/detikcom
Bogor - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapar Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seluruh Indonesia. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan acara ini dibuat sebagai bagian dari kelanjutan penyampaian visi-misi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Lima visi ini sampaikan beliau dalam sidang paripurna kabinet yang dihadirkan semua menteri. Lalu beliau memerintahkan kepada 4 Menko untuk menjabarkan semua untuk 5 tahun ke depan rencana strategis," kata Tito, dalam laporannya, di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu, (13/11/2019).

"Kemudian Menko sudah menyampaikan kepada seluruh menteri dan pimpinan lembaga menerjemahkan lebih detail sehingga harapannya 5 tahun ke depan lebih clear, betul-betul terarah," sambungnya.



Tito mengatakan ada satu pihak penting yang bisa menyelaraskan visi-misi Jokowi hingga ke daerah. Daerah, kata Tito, memiliki otonomi untuk mengembangkan inovasi kebijkan.

"Namun ada satu pihak yang memiliki peran penting sekali dan sangat berpengaruh untuk keberhasilan visi-misi Bapak Presiden selaku kepala negara dan selaku kepala pemerintahan. Hampir semua persoalan menyangkut daerah, apalagi otonomi daerah, betul-betul di daerah memberikan keleluasaan kepemimpinan daerah untuk mengembangkan inovasi dalam kerja masing-masing," ujar Tito.


Meski daerah otonom, Tito mengatakan Indonesia dalam satu sistem pemerintahan. Dia berharap visi-misi yang diterjemahkan para menteri bisa disampaikan kepada kepala daerah.

"Namun, sebagai satu sistem kenegaraan dan sistem pemerintahan maka daerah juga harus mengakomodir rencana besar dari pemerintah pusat yang direncakan bapak presiden. Untuk itu lah anggaran yang saat ini berlangsung di daerah, ada yang sudah diketok ada juga yang masih dibahas maka tentu diharapkan visi-misi Bapak Presiden Jokowi dan yang sudah diterjemahkan menteri ini dapat disampaikan pada pemerintan daerah," ucap Tito.

Rakornas yang dihadiri oleh para Gubernur, Bupati, Walikota, Ketua DPRD, Pangdam, Danrem, Kapolda, Kapolres, Kajati hingga Kajari ini meminta arahan visi-misi Jokowi. Usai itu, akan ada panel pemaparan oleh para menteri sehingga Tito berharap ada sinergi pemerintah pusat dengan daerah.

"Untuk itu Bapak Presiden, pada pagi hari ini telah hadir 2.693 dari kepala daerah, DPRD, kepolisian, kejaksaan, dan TNI, kami siap mendengarkan langsung arahan Bapak," sebut Tito.

"Kemudian nanti ada panel diskusi para panelisnya dari Menko berikut menteri yang berkaitan, dan juga ada panelis pengawas dari inspektorat, KPK, Kepala BPK, kemudian para penegak hukum, Kejaksaan, Kepolisian, ini kami harapkan ada sinergi antara pusat dan daerah dan kesamaan visi dengan tujuan adalah membangun khususnya Indonesia semakin maju ke depan," imbuhnya.




Tontonjuga video Jokowi Ingin Pengangguran Dilatih Jadi Barista Sampai Animator:

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/aan)