Pria Berhijab Diamankan di Aceh, Wamenag: Crosshijaber Perlu Diwaspadai

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 08:55 WIB
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi (Ari Saputra/detikcom)
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi (Ari Saputra/detikcom)


Tercatat, seorang pria yang mengenakan pakaian tertutup lengkap pernah ditangkap di Ternate, Maluku Utara. Pria berhijab berinisial AM tersebut ditangkap karena pencurian 4 handphone (HP).

Zainut berharap aparat keamanan ikut dalam mencegah fenomena menyimpang ini. Dia juga meminta aparat tak segan menindak pelaku kriminal yang menggunakan modus ini.


"Aparat kepolisian harus sigap dan mencegah meluasnya fenonena nyeleneh tersebut, jika dianggap berbahaya harus cepat ditindak secara hukum," ujar Zainut yang juga Waketum MUI ini.

Fenomena crosshijaber terbaru terungkap di Aceh. Seorang pria diamankan warga karena mengenakan hijab dan berpakaian layaknya perempuan. Peristiwa ini direkam dan videonya viral di media sosial.

Pria tersebut berusaha menutupi wajahnya dengan tangan ketika hijab sudah dilepas warga. Peristiwa tersebut terjadi di halte bus TransKutaraja di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, pada Senin (11/11).

Setelah hijab dan helm dibuka, seorang warga memberikan minum ke pria tersebut. Namun dia tidak diserahkan ke polisi ataupun polisi syariat (Wilayatul Hisbah/WH). Pria tersebut diduga stres.
Halaman

(jbr/aik)