detikNews
2019/11/13 08:27:03 WIB

Sekjen MUI: FKUB Sepakat Salam Cukup Hanya Sesuai Agama dan Keyakinan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sekjen MUI: FKUB Sepakat Salam Cukup Hanya Sesuai Agama dan Keyakinan Foto: Sekjen MUI Anwar Abbas. (Rahel-detikcom)
Jakarta - Sekjen MUI Anwar Abbas setuju dengan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid untuk mengakhiri polemik pejabat tak perlu menyampaikan salam semua agama di acara resmi. Anwar Abbas sepakat polemik disudahi agar tak mengganggu kerharmonisan antarumat beragama.

"Wamenag telah mengimbau semua pihak untuk menghentikan polemik soal ucapan salam lintas agama karena kalau hal ini berketerusan kata beliau akan menimbulkan kesalahpahaman dan mengganggu harmoni kehidupan umat beragama. Untuk itu, MUI mengajak semua pihak untuk berpindah dari hal yang menimbulkan kegaduhan dan kontroversi kepada yang tidak menimbulkan kegaduhan dan kontroversi," ujar Anwar dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (13/11/2019).

"Yang menimbulkan kegaduhan dan kontroversi adalah salam lintas agama dan yang tidak menimbulkan kegaduhan adalah salam yang disampaikan oleh pemeluk satu agama dengan salam dalam ajaran agamanya," tambahnya.


Menurutnya, kegaduhan dapat dihindari bila pejabat menyampaikan salam sesuai dengan ajaran agamanya. Anwar mengatakan hal ini telah disepakati dalam sebuah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

"Oleh karena itu agar negeri ini aman tentram dan damai maka adalah sangat arif dan bijaksana bila bangsa dan para pejabat di negeri ini bisa mendukung kesepakatan yang telah dibuat oleh forum kerukunan umat beragama di suatu provinsi di kawasan Indonesia tengah dimana forum tersebut telah menyepakati dan menggariskan ucapan salam yang akan disampaikan oleh si pembicara atau si pemberi salam adalah cukup hanya dengan mengucap salam sesuai dengan agama dan keyakinan dari yang mengucapkannya," ungkapnya.



Soal Salam Semua Agama, Ketum PBNU: Iman dari Hati, Bukan Mulut:




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com