detikNews
Rabu 13 November 2019, 06:41 WIB

Blak-blakan Ketua Umum Partai Gelora

Anis Matta Tegaskan Partai Gelora Bukan PKS Perjuangan

Sudrajat - detikNews
Anis Matta Tegaskan Partai Gelora Bukan PKS Perjuangan Ketua Umum Partai Gelora Indonesia (Foto: Iswahyudi Lakam 20detik)
Jakarta -

Anis Matta mengakui pemicu berdirinya Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) adalah konflik internal di Partai Keadilan dan Sejahtera (PKS). Selain itu yang paling fundamental adalah perbedaan semangat dalam menangkap dan mengintegrasikan diri dengan ruh, jiwa, dan budaya Indonesia secara keseluruhan.

"Karena itu, ideologi Gelora berasaskan Pancasila dengan jati diri Islam," kata Ketua Umum Partai Gelora Indonesia itu kepada Tim Blak-blakan detik.com. Jadi, dia melanjutkan, walaupun ada konflik di dalam (PKS) yang mendorong lahirnya Partai Gelora, "tapi ini bukan PKS Perjuangan, ini juga bukan PKS biru."

Dengan penegasan asas partai seperti itu, Anis yang pernah menjadi Sekjen dan Presiden PKS mengaku ingin meninggalkan pemisahan politik lama antara golongan kanan, tengah, dan kiri atau antara islam dengan nasionalisme. Sebab pemisahan tersebut telah menyebabkan Indonesia tidak bersatu sepenuhnya.

"Karena pemetaan seperti ini, pembelahan dalam masyarakat gampang terjadi seperti pada Pilpres 2019 yang baru terjadi," ujarnya.

Pergeseran politik Anis tampak pada sistem kaderisasi dan struktur organisasi Partai Gelora. Sistem kaderisasi, kata dia, dibangun di atas ide dasar rumusan model manusia Indonesia yang bercirikan relijius, berpengetahuan, dan sejahtera. Karena itu Gelora bersifat terbuka dan pluralis akan lebih diwujudkan dari sekedar wacana.


Di Gelora juga tidak ada Dewan Syura yang biasanya diisi oleh para figur yang dianggap punya otoritas keagamaan lebih, dengan keputusan yang cenderung mutlak.
"Majelis syuronya bernama Majelis Permusyaratan Nasional tapi diambil dari dewan pendiri. Kita disini menjaga semangat kolaborasi, egaliter, dan pola hubungan hierarkis kita coba hilangkan," ucapnya.

Di bagian lain, Anis bicara soal bergabungnya mantan Wakil Gubernur Jawa Barat yang juga politisi Partai Demokrat, Deddy Mizwar ke Gelora. Deddy akan menjadi salah satu ketua yang membidangi masalah seni dan budaya atau komunikasi publik.

Selain itu ia menekankan pentingnya laut demi kemakmuran Indonesia. Laut pula yang menjadi sumber inspirasi untuk logo partai Gelora. Apa alasannya? Simak Blakblakan Anis Matta, "Gelora Bukn PKS Perjuangan" di detik.com, Rabu (13/11/2019).

[Gambas:Video 20detik]




(jat/jat)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com