detikNews
Selasa 12 November 2019, 17:28 WIB

Nilai Bupati Petahana Sukses, PD Pikir-pikir Tak Buka Seleksi Pilbup Gowa

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Nilai Bupati Petahana Sukses, PD Pikir-pikir Tak Buka Seleksi Pilbup Gowa Ketua Demokrat Sulsel Ni'matullah Erbe (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar - Partai Demokrat Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah membuka pendaftaran penjaringan calon bupati/wali kota untuk Pilkada Serentak 2020. Tapi Demokrat Sulsel kini mempertimbangkan tak membuka penjaringan untuk Pilbup Gowa karena menilai petahana Adnan Purichta Ichsan berhasil.

"Untuk sementara kita lihat situasi dulu lah, ada rencana berkembang di rapat, itu kemungkinan kalau ada kabupaten yang tidak kita buka pendaftaran kemungkinan Gowa. Kemungkinan besar," ujar Ketua Demokrat Sulsel Ni'matullah Erbe di gedung DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Selasa (12/11/2019).

Ni'matullah menyebut Demokrat memiliki hubungan baik dengan Adnan. Selain itu, Demokrat Sulsel melihat Adnan sukses pada periode pertama kepemimpinannya di Kabupaten Gowa.

"Ada hubungan historis-psikologis dengan Adnan. Ada kedekatan yang cukup intens (Adnan dengan Demokrat) yang kemudian teman-teman di badan pemenangan pemilu menganggap ini salah satu bupati yang relatif cukup baik dan berhasil memimpin. Ngapain kita cari orang lain kalau dia sudah baik untuk rakyat, seperti itu," imbuhnya.


Namun dukungan kepada Adnan masih menjadi pertimbangan di rapat Demokrat Sulsel. Untuk itu Demokrat Sulsel belum memutuskan dukungan ke Adnan untuk maju kembali di Pemilihan Bupati Gowa 2020.

"Karena kita mau mendengar dulu penyampaian dari DPC, kalau DPC-nya menganggap 'jangan mi (buka pendaftaran) ketua', kalau DPC menganggap seperti itu, karena juga ada kemungkinan calon-calon lain tidak mendaftar di kita di Gowa. Karena mereka artinya tahu sama tahu, 'ah susah itu Demokrat, pasti Adnan' nah misalnya gitu," jelasnya.

Ni'matullah menegaskan pihaknya akan mempertimbangkan masukan dari DPC Demokrat Gowa apakah langsung memberikan dukungan ke Adnan atau tetap membuka penjaringan bakal calon bupati yang akan diusung.

"Mungkin dalam satu 2 hari ini kita panggil (DPC Gowa) 'bagaimana keadaan di Gowa?' Kalau menurut mereka, 'sudah mi Pak Ketua, biar kita buka tidak ada ji yang mendaftar', ya sudah mi kita tutup saja. Kita bicara ke Adnan, sudah mi, kasih masuk berkasmu cepat," tuturnya.

Demokrat Sulsel Belum Buka Penjaringan di Makassar

Sementara itu, Demokrat yang memiliki 6 kursi di DPRD Makassar belum membuka pendaftaran penjaringan calon wali kota.

"Karena pengurusnya, ketuanya, sekretarisnya, bendaharanya anggota DPR, lagi reses dan lagi ada agenda lain. Dia baru janji hari ini dia rapat karena baru pulang semua. Dia rapat, kemungkinan besok atau lusa dia sudah buka Makassar," sambung
Ni'matullah.

"Tapi kalau kabupaten sudah buka semua," katanya.


Simak juga video "Wisata Berkuda Bersama Kabut Malino Gowa Sulawesi Selatan" :

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com