detikNews
2019/11/12 17:10:24 WIB

Tanaman Mirip Bunga Bangkai di Bekasi Jadi Tontonan, Warga Siapkan Kotak Amal

Isal Mawardi - detikNews
Halaman 1 dari 1
Tanaman Mirip Bunga Bangkai di Bekasi Jadi Tontonan, Warga Siapkan Kotak Amal Tanaman Mirip Bunga Bangkai Tumbuh di Bekasi (Isal/detikcom)
Bekasi - Mekarnya tanaman mirip bunga bangkai di halaman rumah warga di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, membuat warga berdatangan untuk melihatnya. Warga pun menyiapkan kotak amal bagi warga untuk memberikan sumbangan.

Ketua RT 04 RW 35 Desa Sumber Jaya, Tambun Selatan, M Rasyim menyebutkan bahwa kotak amal itu milik musala. Warga tidak memaksa meminta sumbangan.

"Iya yang ngasih, ngasih, yang enggak ya enggak. Iya (sumbangan untuk musala) sama buat anak yatim," kata M Rasyim di lokasi, Selasa (12/11/2019).

Pantauan detikcom, kotak sumbangan itu berada di samping tanaman mirip bunga bangkai itu. Rasyim menyebut warga sekitar berinisiatif menaruh kotak sumbangan itu ke dalam area bunga.

Warga yang hendak melihat dan mendokumentasikan bunga itu dapat menyisihkan sumbangan untuk pembangunan musala secara sukarela.

Sementara tanaman tersebut dibatasi oleh pagar di sekelilingnya. Hal ini, kata Rasyim, dilakukan agar warga tidak merusak tanaman tersebut.


"Sementara dikasih pembatas dulu aja, kan anak-anak nggak tahu tuh kalau nggak dipager, diinjak," lanjutnya.

Warga lainya, Yanan, mengatakan sumbangan itu untuk perbaikan perairan musala. Menurutnya, musala Baiturrohman mengalami macet air.

"Alhamdulillah itu untuk musala karena musala lagi kekurangan air," ujar Yanan.

Sebelumnya, tanaman mirip bunga bangkai itu tumbuh di perkarangan seorang warga bernama Bodong Nur Ali (75) di Kampung Pulo, Desa Sumber Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Tanaman itu pun dipageri warga.

Terdapat dua kotak sumbangan di sekitar area tanaman itu. Salah satu kotak bertulisan 'Shodaqoh Jariyah Musholla Baiturrohman', sementara kotak sumbangan lainnya terbuat dari kardus. Tampak sekitar Rp 31 ribu terkumpul di dalam kardus itu.

Warga tampak mengelilingi bunga setinggi 25 cm itu. Anak-anak terlihat mendokumentasikan tanaman itu dengan kamera ponsel.


(isa/mea)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com