Klinik Kesehatan Milik KAI Raih Penghargaan dari Kemenkes

Klinik Kesehatan Milik KAI Raih Penghargaan dari Kemenkes

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 17:02 WIB
Foto: Dok. KAI
Foto: Dok. KAI
Jakarta - Klinik Mediska Semarang yang merupakan fasilitas kesehatan milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjadi Juara I Lomba Klinik Pratama Sehat Tingkat BUMN tahun 2019. Klinik Mediska menjadi juara setelah menyisihkan 119 BUMN di ajang yang digelar Kementerian Kesehatan dalam menyambut peringatan ke-55 Hari Kesehatan Nasional.

"Kami sangat bersyukur menjadi juara pertama pada lomba ini. Penghargaan ini merupakan suatu kebanggan tersendiri di mana kualitas dan mutu pelayanan Klinik Mediska diakui Kemenkes RI," ujar Direktur SDM dan Umum KAI R Ruli Adi dalam keterangan tertulis, Selasa (12/11/2019).

Pemberian penghargaan pemenang diterima Ruli dari Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo yang mewakili Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto di Gedung Siwabessy Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Ruli menegaskan, adanya penghargaan ini akan semakin memacu pihaknya dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pasien.


"Klinik Mediska memiliki misi untuk menyediakan pelayanan kesehatan secara komprehensif melalui pelayanan yang berkualitas, profesional serta memberikan pelayanan kesehatan dengan fasilitas modern dan lengkap," ucap Ruli.

Lebih lanjut Ruli menjelaskan, penjurian Lomba Klinik Pratama Sehat dilaksanakan mulai dari penilaian administratif pada tanggal 29 Agustus 2019 hingga verifikasi lapangan pada 11 Oktober 2019. Adapun aspek-aspek penilaian dari lomba ini di antaranya lokasi klinik, sarana-prasarana, laboratorium, pelayanan farmasi, dan sistem pengolahan limbah.

Sebagai informasi, Klinik Mediska Semarang terletak di Jalan Imam Bonjol nomor 103, Semarang atau tepat berada di samping Stasiun Semarang Poncol. Klinik ini beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Rata-rata pasien harian yang dilayani sebanyak 60 hingga 90 pasien per hari yang terdiri dari pegawai dan keluarga KAI, peserta BPJS kesehatan, dan pasien umum.

Klinik Mediska Semarang, kata Ruli, memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dengan pelayanan seperti pelayanan dokter umum, pelayanan gigi, pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) dan KB, serta pelayanan kefarmasian. Klinik ini juga memiliki fasilitas seperti ruang tindakan 24 jam, ambulance gratis, ruang laktasi, dan lainnya.


Berbagai program juga rutin dijalankan oleh Klinik Mediska Semarang. Program-program tersebut dilakukan baik di area klinik maupun di luar klinik. Kegiatan yang rutin dikerjakan di dalam area klinik antara lain Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), senam bersama, donor darah, penyuluhan kesehatan, dan pojok olahraga untuk pengendalian dan pengelolaan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Sedangkan kegiatan di luar area klinik yaitu melaksanakan kegiatan home visit dan hospital visit bagi pasien yang sedang sakit di rumah maupun di rumah sakit. Hal ini sebagai salah satu bentuk perhatian dan tindak lanjut terhadap kondisi pasien yang berobat ke klinik.

Saat ini, KAI memiliki 54 Klinik Mediska yang tersebar di seluruh wilayah operasi KAI dengan rata-rata pasien harian yang dilayani sejumlah 1.021 pasien.



Simak juga video "Klarifikasi KAI soal Video Kereta Berhenti di Perlintasan" :

[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)