detikNews
Selasa 12 November 2019, 15:38 WIB

Kasus Bangkai Babi, Kapolrestabes-Dandim Sisir Sungai Belawan

Datuk Haris Molana - detikNews
Kasus Bangkai Babi, Kapolrestabes-Dandim Sisir Sungai Belawan Personel gabungan TNI-Polri menyisir Sungai Belawan, Medan Sunggal, Medan, Sumut, terkait pembuangan bangkai babi. (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan - Personel gabungan TNI-Polri menyisir Sungai Belawan, Medan Sunggal, Medan, Sumut. Penyisiran dilakukan untuk memastikan jalur yang diduga dijadikan tempat pembuangan bangkai babi.

Pantauan detikcom, penyisiran dipimpin Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga dan Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto bersama Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Armansyah Lubis.

Petugas gabungan menerjunkan dua unit perahu karet milik polisi. Mereka menyisir sepanjang aliran Sungai Belawan hingga ke Sungai Bederah dan Danau Siombak, Marelan.


"Kita menyisir jalur-jalur sungai yang katanya dijadikan tempat pembuangan bangkai hewan yang terakhir muaranya ke Danau Siombak di Marelan," kata Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga kepada wartawan, Selasa (12/11/2019).

Roy menyebutkan, saat ini belum ada bangkai hewan (babi) yang melewati Sungai Belawan.

"Sepanjang kita pantau, saat ini tidak terlewati, atau pun kalau terlewati untuk antisipasi ke depannya. Sementara untuk lokasi terakhir di Danau Siombak, sudah dibuat lubang-lubang untuk penimbunannya bersama dengan tim gabungan juga," sebut Roy.

Sementara itu, Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto menyebutkan langkah ini dilakukan untuk membantu pihak pemerintah mengatasi masalah pembuangan bangkai hewan di sungai.


"Ini kan untuk mencegah hal-hal yang lebih besar lagi ke depannya. Kita dorong pemerintah untuk mengantisipasi. Kita turun dan kita sisir sehingga diharapkan tidak ada di wilayah kita khususnya wilayah Kota Medan. Kita sudah lakukan upaya-upaya pencegahan misalkan di beberapa pinggir sungai yang di mungkinkan ada peternak hewan babi ini untuk tidak membuang ke sungai," tutur Dadang.
(fdn/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com