Menlu-Komisi I DPR akan Bahas 'Pencekalan' Habib Rizieq di Rapat Tertutup

Menlu-Komisi I DPR akan Bahas 'Pencekalan' Habib Rizieq di Rapat Tertutup

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 13:40 WIB
Foto: Menlu Retno LP Marsudi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Foto: Menlu Retno LP Marsudi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi meminta izin untuk menjawab berbagai pertanyaan anggota Komisi I DPR dalam forum terbuka dan tertutup. Pertanyaan soal 'pencekalan' Habib Rizieq Syihab akan dijawab dalam forum tertutup.

Rapat Menlu Retno bersama Komisi I DPR digelar di ruang rapat Komisi I, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/10/2019). Wakil Ketua Komisi I Teuku Riefky Harsya awalnya menyampaikan rapat akan dihentikan sementara.

"Saat ini sudah pukul 12.45 WIB. Kami menyarankan untuk ishoma (istirahat, salat dan makan) dulu, mungkin sekitar 45 menit cukup. Sehingga pukul 13.30 WIB bisa dimulai lagi," kata Riefky.


Retno lalu meminta izin untuk menjawab pertanyaan dari anggota Komisi I dalam forum terbuka dan tertutup. Di forum terbuka, Retno akan menyampaikan tanggapan soal isu diplomasi ekonomi, isu HAM serta perlindungan WNI di luar negeri.

Sementara di forum tertutup, Retno akan memberikan sejumlah tanggapan dan masukan. Sejumlah hal yang akan disampaikan dalam forum tertutup di antaranya masalah Papua dan Laut Cina Selatan.

"Mengenai misalnya masalah Papua, Laut Cina Selatan, kemudian masalah lainnya termasuk kami nanti pada saat tertutup kami ingin mulai memberikan gambaran dunia yang kita tinggali ini sebenarnya situasinya seperti apa," jelas Retno.

"Kemudian kita akan zoom in Asia Tenggara ini seperti apa dan di mana Indonesia. Ini kami akan berusaha untuk memberikan insight semaksimal yang bisa kita sampaikan. Apabila usulan tersebut disetujui, maka terima kasih sekali," lanjut Retno.


Anggota Komisi I dari F-PDIP Effendi Simbolon lalu kembali menanyakan soal isu 'pencekalan' Habib Rizieq karena Menlu Retno belum menyebutkannya. Effendi sebelumnya juga menanyakan isu tersebut dalam sesi tanya jawab.

"Khusus untuk masalah Habib Rizieq gimana pimpinan?" tanya Effendi.

"Tertutup, Pak. Itu beliau (Menlu Retno) sampaikan tadi," jawab Riefky selaku pimpinan rapat.


Effendi masih tampak tidak puas dengan jawaban tersebut. Riefky pun menutup sementara rapat dan akan dibuka kembali pukul 13.30 WIB.

"Baik, kita akan ishoma 45 menit dari 12.45 WIB sampai 13.30 WIB," jelas Riefki. (azr/gbr)