Hadiri Festival Ekonomi Syariah, Menag Optimistis RI Jadi Pusat Halal Dunia

Hadiri Festival Ekonomi Syariah, Menag Optimistis RI Jadi Pusat Halal Dunia

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 12:21 WIB
Menag di acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Menag di acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menghadiri acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) di JCC Senayan, Jakarta. Dalam sambutannya, Fachrul mengatakan banyak negara yang berlomba menjadi pusat halal dunia, termasuk Indonesia.

"Saya memperoleh kesan banyak negara ingin menjadi pusat dan role model halal dunia, menjadi destinasi dan tujuan halal dunia tak terkecuali Indonesia. Negara-negara dengan populasi muslim terbesar sangat beropsesi menjadi pasar potensial produk halal. Ada negara yang telah mendeklarasikan diri sebagai pusat halal dunia," kata Fachrul di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

"Beberapa negara sangat aktif mendorong industri ekspor produk halal, seperti obat-obatan, kosmetika, makanan dan minuman ke atau antar negara. Negara lain sedang membangun membangun destinasi wisata halal. Pendeknya peluang sektor halal sangat menjanjikan oleh karenanya kita perlu menjadikan buming global halal ini untuk menjalin kerjasama regional dan internasional yang saling menguntungkan," sambung dia.



Fachrul mengatakan, bisnis 'halal' memang telah menjadi perhatian dunia karena sangat menjanjikan. Karena itu, kata dia, Indonesia saat ini juga terus berupaya mendorong industri produk halal.

"Pemerintah Indonesia saat ini sangat gencar membangun beberbagai fasilitas dan mendorong ekosistem halal untuk kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Forum ini adalah salah satu agenda penting dari rangkaian upaya dan promosi menjadikan Indonesia sebagai pusat pengembangan halal dalam kerangka besar perkembangan ekonomi syariah yang unggul di dunia, kuat dan berkelanjutan," tutur Fachrul.

Selanjutnya
Halaman
1 2