detikNews
2019/11/12 10:14:16 WIB

Harkesnas, Gubernur Sulsel Minta Jajaran Kolaborasi Berantas Stunting

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Halaman 1 dari 2
Harkesnas, Gubernur Sulsel Minta Jajaran Kolaborasi Berantas Stunting Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (Noval Dhwinuari/detikcom)
Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah meminta jajarannya menjadikan momentum Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas) untuk berkolaborasi dalam pemberantasan stunting. Kolaborasi harus dilakukan hingga ke tingkat desa.

"Sulsel ini sebagai salah satu penyanggah pangan nasional harusnya stunting itu nggak boleh terjadi. Maka kita minta kepada seluruh jajaran kesahatan supaya menjadikan momentum Hari Kesehatan Nasional ini untuk lebih berkolaborasi mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa," kata Nurdin usai memimpin upacara peringatan Harkesnas di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Selasa (12/11/2019).



Nurdin yakin stunting dapat dicegah dengan kolaborasi dan sinergi dari pusat hingga ke aparat desa. Agar kolaborasi itu mudah dilakukan, maka database penduduk di Sulsel juga harus diperbaiki.

"Termasuk data penduduk, tingkat pendapatan, dan kita juga harus punya data mengenai riwayat kesehatan (setiap warga). Apalagi (ibu) yang sementara dalam kondisi hamil, ini harus kita fokuskan," ujarnya.

Dengan data kependudukan yang baik, ibu hamil dengan ekonomi lemah dapat segera dipantau dan diberikan program agar stunting dapat dicegah. Nurdin menyebut yang terpenting dalam pencegahan stunting ialah antisipasi dini sejak bayi dalam kandungan.

"Nah kalau kita punya database, seperti ketika terdeteksi hamil, kita sudah lihat riwayat pendidikan, pekerjaan, itu kan penting, apalagi sangat berpengaruh oleh gizi," kata Nurdin.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com