detikNews
Senin 11 November 2019, 19:54 WIB

KPK Cecar Istri Walkot Medan soal Sumber Duit Perjalanan ke Jepang

Ibnu Hariyanto - detikNews
KPK Cecar Istri Walkot Medan soal Sumber Duit Perjalanan ke Jepang Rita Maharani Dzulmi Eldin (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - KPK memeriksa istri Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin, Rita Maharani Dzulmi Eldin, sebagai saksi terkait kasus yang menjerat suaminya. Rita dicecar KPK soal sumber duit perjalanan ke Jepang.

"Penyidik mendalami informasi seputar perjalanan dinas ke Jepang yang diikuti saksi serta siapa-siapa saja pihak yang membiayai perjalanan dinas itu," kata Plh Kabiro Humas KPK Plh Chrystelina GS di kantornya Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Rita terlihat keluar dari ke gedung KPK sekitar pukul 18.43 WIB. Rita, yang memakai pakaian hitam berkerudung hijau, tak berkomentar apapun mengenai pemeriksaannya hari ini.

Ia langsung bergegas meninggalkan KPK. Hari ini Rita diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Isa Anshari.
Dalam kasus ini, Dzulmi Eldin ditetapkan sebagai tersangka suap oleh KPK. Penetapan tersangka dilakukan setelah Eldin kena OTT KPK pada Selasa (15/10).

Selain Eldin, KPK menetapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Isa Anshari dan Kasubbag Protokoler Syamsul Fitri Siregar sebagai tersangka. Eldin diduga menerima suap total Rp 330 juta.

Duit itu diduga untuk menutupi kelebihan biaya perjalanan dinas ke Jepang yang ditagih kepadanya. Kelebihan dana Rp 800 juta itu diduga akibat istri dan anak serta pihak lain yang tak berkepentingan turut ikut ke Jepang.
(ibh/dhn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com