Surat KPK Belum Diterima, Anak Menkum HAM Yasonna Dipanggil Ulang Besok

Surat KPK Belum Diterima, Anak Menkum HAM Yasonna Dipanggil Ulang Besok

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 19:38 WIB
Foto: Gedung KPK. (Dok detikcom)
Foto: Gedung KPK. (Dok detikcom)
Jakarta - Putra Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly, Yamitema T Laoly tidak hadir dalam pemanggilan KPK terkait kasus dugaan suap Wali Kota nonaktif Medan Dzulmi Eldin. KPK mengatakan surat panggilan tersebut belum diterima oleh Yamitema.

"Surat panggilan belum sampai kepada yang bersangkutan," kata Plh Kabiro Humas KPK Chrystelina GS di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).


Yamitema rencananya hari ini akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Isa Anshari. Yamitema rencananya akan dipanggil ulang pada Selasa (12/11) besok.

"Rencananya akan dijadwalkan ulang besok," ucapnya.


Dalam kasus ini, KPK menetapkan tiga orang tersangka yakni Dzulmi Eldin, Isa Anshari dan Kasubbag Protokoler Syamsul Fitri Siregar. Ketiganya dijerat setelah KPK melakukan OTT pada Selasa (15/10).

Eldin diduga menerima suap total Rp 330 juta. Duit itu diduga untuk menutupi kelebihan biaya perjalanan dinas ke Jepang yang ditagih kepadanya. Kelebihan dana Rp 800 juta itu diduga akibat istri dan anak serta pihak lain yang tak berkepentingan turut ikut ke Jepang.


Simak juga video "Jokowi Lantik Dewan Pengawas KPK Minggu ke-3 Desember" :

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/idh)