Prabowo Akan Sampaikan Strategi Pertahanan Negara ke Jokowi Januari 2020

Prabowo Akan Sampaikan Strategi Pertahanan Negara ke Jokowi Januari 2020

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 18:42 WIB
Menhan Prabowo Subianto (Zhacky/detikcom)
Menhan Prabowo Subianto (Zhacky/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan merumuskan strategi pertahanan negara dalam waktu dekat. Prabowo menyebut rumusan strategi pertahanan tersebut akan dipresentasikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal 2020.

"Jadi kita akan segera dalam bulan Desember ini, untuk sedapatnya kita rumuskan, kita mutakhirkan doktrin pertahanan kita, strategi pertahanan kita, dan konsepsi penyelenggaraan gelar pertahanan kita. Dan pada saatnya nanti, bulan Januari tentunya kita akan mempresentasikan kepada presiden," kata Prabowo seusai rapat kerja (raker) Komisi I DPR, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019).



Prabowo juga menyampaikan terima kasih kepada Komisi I DPR. Mantan Danjen Kopassus itu akan berupaya meningkatkan kerja sama, salah satunya dengan mengajak Komisi I ikut dalam kegiatan Kemenhan.

"Jadi saya sangat berterima kasih kepada Komisi I. Saya juga puas dan saya juga akan mengundang Komisi I untuk ikut serta dalam kegiatan Kemhan di bulan-bulan yang akan datang," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam raker dengan Komisi I Prabowo sempat bicara perihal konsep pertahanan negara. Dia menyinggung soal Pertahanan Rakyat Semesta.

"Dan terus terang pertahanan kita selama ini, secara sejarah, dan saya kira sampai sekarang berlaku, dan mungkin kita akan teruskan adalah bahwa pertahanan kita harus mendasarkan dan kita gunakan adalah Pertahanan Rakyat Semesta," kata Prabowo di ruang rapat Komisi, Senin (11/11).



Prabowo menilai bahwa saat ini, secara teknologi pertahanan, Indonesia tidak bisa mengalahkan negara lain. Namun, jikalau harus terlibat perang, dia menyebut konsep Pertahanan Rakyat Semesta harus dilaksanakan.

"Jadi Saudara-saudara, banyak wartawan ini, kita tidak usah terlalu, istilahnya membuka diri, tapi kita mengerti dan kita memahami bahwa mungkin saat ini secara teknologi, kita, mungkin tidak bisa mengalahkan kekuatan teknologi bangsa lain," sebut Prabowo.

"Tetapi pertahanan kita yang berdasarkan pemikiran, konsep Pertahanan Rakyat Semesta, perang, kalau terpaksa kita terlibat dalam perang, perang yang akan kita laksanakan adalah Perang Rakyat Semesta, The Concept of The Total Peoples War," imbuhnya.


Simak juga video "Prabowo: Konsep Pertahanan Dirumuskan Desember, Januari Presentasi" :

[Gambas:Video 20detik]

(zak/mae)