Polisi Selidiki Pelaku Buang Bangkai Babi ke Sungai-Danau di Medan

Polisi Selidiki Pelaku Buang Bangkai Babi ke Sungai-Danau di Medan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 17:20 WIB
Bangkai babi di Sungai Siombak diangkut. (Antara Foto)
Bangkai babi di Sungai Siombak diangkut. (Antara Foto)
Medan - Ratusan bangkai babi berserakan di sejumlah sungai dan Danau Siombak, Medan, Sumatera Utara. Pelaku pembuangan kini sedang dicari polisi karena mencemari lingkungan.

"Kami masih menyelidiki siapa yang membuang (bangkai-bangkai babi itu) ke sungai. Kami juga menyelidiki peternakan di Tanjung Gusta dan Percut," kata Edy, yang dikutip dari Antara, Senin (11/11/2019).

Dia menambahkan pelaku pembuangan bangkai babi ini termasuk pelaku tindak pidana pencemaran lingkungan. Edy menjelaskan pihaknya berkoordinasi dengan petugas Krimsus Polda Sumatera Utara untuk menindaklanjuti tersangka yang membuang bangkai babi.

"Ini masuk pencemaran lingkungan hidup, ancaman di atas 10 tahun," ucapnya.



Diberitakan sebelumnya, angka kasus kematian babi akibat virus hog cholera atau kolera babi di Sumatera Utara hingga Senin (11/11) tercatat sebanyak 5.800 ekor.

Sebanyak 11 kabupaten/kota yang terkena wabah virus hog cholera adalah Kabupaten Dairi, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Deli Serdang, Medan, Kabupaten Karo, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan Kabupaten Samosir. (rvk/rvk)