Partai Gelora dan Cerita Lama Faksi Sejahtera

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 16:37 WIB
Foto: Anis Matta dan Fahri Hamzah, pendiri Partai Gelora (Nur Azizah-detikcom)

Rumor Dua Faksi yang Tak Pernah Diakui

PKS sudah sejak lama diterpa rumor terkait adanya dua faksi dalam satu tubuh partai. Yakni faksi keadilan dan faksi sejahtera.

Faksi keadilan ini ialah faksi yang identik dengan senior-senior di PKS. Seperti misalnya Pendiri PKS (alm) Yusuf Supendi, Wakil Ketua Majelis Syuro, Hidayat Nur Wahid (HNW), Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al-Jufri dan Presiden PKS, Sohibul Iman. Faksi ini, kerap dilekatkan dengan bagian PKS yang konservatif.

Faksi keadilan ini lekat dengan mereka yang masih menjunjung tinggi semangat PKS tetap seperti era Partai Keadilan dahulu. Nama yang kerap disebut publik untuk kelompok ini diwakili representasi Hidayat Nurwahid.



Sementara itu, faksi sejahtera ialah faksi yang identik dengan para pengurus muda. Yakni seperti mantan Presiden PKS Anis Matta, Fahri Hamzah dan Mahfud Shiddiq. Kelompok ini kerap dianggap sebagai bagian PKS yang demokratis dan lebih cenderung moderat. Faksi ini juga kabarnya dekat dengan Ketua Majelis Syuro Hilmi Aminuddin.

Kendati demikian, rumor dua faksi dalam partai berlambang kapas itu tak pernah diakui. Rumor dua faksi ini tetapi dibiarkan menjadi rahasia umum.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3