Tukang Pulas Foto Jadul, Hobi Aipda Heru yang Kini Bernilai Komersil

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 12:09 WIB
Foto: Aioda Heru Iswanto (Samsuduha/detikcom)
Foto: Aioda Heru Iswanto (Samsuduha/detikcom)


Seiring berjalan waktu, Heru pun semakin piawai memulas foto-foto jadul. Tak jarang, dia pun ditawari pekerjaan sampingan untuk mewarnai foto jadul.

"Kalau dulu sih sering ada beberapa orang yang minta di restorasi fotonya, minta diwarnai gitu," kata Heru.

Anggota Subdit Kamsel Direktorat Lantas Polda Metro Jaya itu mengatakan dirinya sering dimintai beberapa orang untuk mewarnai foto-foto lawas, tentunya dengan imbalan yang setimpal. Dia mengatakan semakin sulit tingkat pewarnaannya semakin mahal biaya yang dibayar orang itu.

"Ya gitu lah. Semakin banyak objek, banyak yang diwarnai ya lumayan lah harganya," jelas Heru.

Heru enggan menjelaskan berapa harga jasanya. Dia hanya menyebut dirinya tidak menekuni profesi sebagai pewarna foto.
"Kalau sekarang memang saya kurang, nggak terlalu ini karena kesibukan di kantor. Kalau saya terima itu saya nggak sanggup karena untuk konten untuk netizen umum nggak kepegang apalagi untuk pribadi," ungkap Heru.

Heru mengatakan saat ini dia hanya menerima 2 foto untuk diedit dan dibayar dalam satu Minggu. Itu pun masih tergantung moodnya.

"Paling saya terimanya kalau nggak 1 foto atau 2 lah. Saya kasih jangka waktu seminggu padahal 1 jam atau 2 jam jadi," kata Heru.

Foto-foto yang kerap 'dikomersilkan' yakni foto keluarga yang berwarna hitam putih. Doa menyebut rata-rata masyarakat menyuruhnya untuk mewarnai foto keluarga mereka.

"Foto biasanya foto kakek, neneknya yang masih hitam putih minta di editin. Ya alhamdulillah mereka puas dengan hasil coloring foto saya," pungkas Heru.
Hasil karya mewarnai foto jadul Aipda Heru ini diposting di Instagram @tukangpulas_asli dan juga Twitter @tukangpulas. Hingga saat ini Heru memiliki puluhan ribu followers.


[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(sam/mea)